Epson L550 Review



Epson memperkenalkan beberapa printer inkjet terbarunya untuk pasar printer di Indonesia akhir bulan yang lalu. Salah satunya adalah varian dari printer Epson L Series yaitu printer Epson L550 yang merupakan printer inkjet multifungsi. Printer dengan dimensi fisik 474 x 377 x 226 mm ini memiliki berat 6,2 kg. Desain fisiknya sekilas mirip dengan Epson M200 yang cukup simple & elegan, dengan body berwarna hitam menjadi pencitraan sendiri bagi printer yang mampu mencetak di kertas photo ini. Sebagai salah satu seri dari printer inkjet Epson L Series, Epson L550 merupakan sebuah perangkat multifungsi yang menyatukan fungsi print, scan, copy, dan fax dalam sebuah perangkat printer Epson L550. Epson L550 dilengkapi CISS (Continues Ink Supply System) dengan ink tank infus original Epson yang menempel dibagian samping printer Epson yang sudah menjadi ciri khas Epson L Series.

  
Dengan desain yang compact dan simple yang menjadi ciri khas Epson L series, printer multifungsi ini memiliki tombol control panel yang cukup unik letaknya. Terdapat layar LCD two line pada bagian panel control printer ini. Tombol power dan beberapa tombol lain terletak di tengah di bagian depan printer. Tombol ini merupakan tombol power, dan one push button untuk proses scan & copy untuk memudahkan user dalam penggunaannya. Terdapat pula jajaran tombol numerik karena printer ini sudah dilengkapi fitur fax. Panel controlnya dapat diangkat sedikit untuk memudahkan penggunanya dan membuatnya terlihat lebih canggih. Terdapat ADF (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer dengan kapasitas hingga 30 lembar kertas. Tempat kertas Epson L550 mampu menampung hingga 100 lembar kertas A4 75 gram sedangkan untuk kertas photo glossy mampu menampung hingga 20 lembar kertas glossy ukuran A4.
 
Printer Epson L550 ditujukan untuk penggunaan di instansi atau perusahaan dengan kebutuhan dokumen yang cukup tinggi dan intensif. Sehingga berbagai kebutuhan cetak, copy, scan, & fax yang biasanya diperlukan oleh kalangan profesiional bisa dilakukan dalam satu perangkat elektronik ini. Printer ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Epson iPrint (untuk perangkat mobile dari Apple dan Android) yang memungkinkan pencetakan foto, halaman web, dan dokumen, secara nirkabel ke Epson L550. Printer Epson L550 pun memiliki kemampuan konektifitas Ethernet yang baik untuk penggunaan bersama dalam sebuah kelompok kerja di sebuah kantor maupun perusahaan. Untuk menghindari tumpah atau tercecernya cairan tinta, disertakan kenob pengunci seperti halnya printer Epson L Series yang lain. Fasilitas ini berguna untuk mengamankan tinta saat printer akan dipindahkan atau dibawa pergi.


Printer inkjet multifungsi Epson L550 memiliki kecepatan cetak hingga 33 ppm (page per minute) untuk cetak dengan draft mode black dan untuk cetak berwarna A4 dengan draft mode mampu mencapai 15 ppm. Sedangkan untuk mencetak foto berukuran 4R printer ini membutuhkan waktu 69 detik dengan default mode dan 27 detik dengan photo draft mode. CISS original Epson pada printer ini masih menggunakan warna standar CMYK. Epson pun memberikan dua botol tinta original Epson warna hitam. Sehingga dalam paket penjualan Epson L300 sudah termasuk dua botol tinta Black, dan empat botol tinta untuk warna black, cyan, magenta, dan yellow. Kualitas cetak yang dimiliki adalah sebesar 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology) sebagai pendukung tingkat hasil cetak yang maksimal epson memberikan teknologi Micro Piezo sebagai head print dalam mesin printer inkjet ini.

Untuk fitur scannya, printer ini memiliki colour scanner dengan resolusi 1200 x 2400 dpi. Dengan scanner tipe Flatbed colour image scanner, area scan yang mampu dicapai yaitu 216 x 297mm (8.5 x 11.7").  Kecepatan scan bervariasi tergantung pada file yang di-scan. Scan juga bisa dilakukan melalui ADF (Auto Document Feeder) yang dimiliki printer inkjet ini dan bisa digunakan untuk scan kertas ukuran folio. Epson L550 dilengkapi fitur colour copier yang mampu mengcopy dengan kecepatan hingga 26 copy per menit untuk monokrom dan 24 copy per menit untuk dokumen colour dengan setelan fast mode pada kertas A4. Resolusinya mampu mencapai 1200 x 1200 dpi. Fitur fax pada seri printer ini juga bisa membantu user untuk mengirim dan menerima fax yang terhubung dengan sambungan telepon. Kecepatan faks (data transfer rate):  sampai 33.6kbps. Kecepatan transmisi faks: sekitar 3 detik / lembar. Resolusi faks:  200 x 100 dpi (standar), 200 x 200 dpi (fine dan photo) untuk monokrom maupun warna.



Epson L550 Inkjet ini memiliki desain yang terbilang cukup berbeda dengan Epson L Series lainnya, namun masih cukup minimalis untuk ukuran printer multifungsi dengan fitur lengkap. Dengan harga hampir tiga juta rupiah, printer L550 ditujukan untuk para pelaku bisnis, UKM (usaha kecil dan menengah) dan instansi atau perusahaan yang memiliki produktifitas dan kebutuhan cetak lebih tinggi dibandingkan penggunaan rumahan, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pengguna rumahan. Tunggu kehadiran Epson L550 di outlet-outlet Aston Printer Center terdekat di kota Anda. Karena printer ini asih sangat baru. Untuk seri Epson L Series lainnya bisa Anda dapatkan pula di Aston Printer Center. Jangan ragu untuk bertanya kepada customer service kami untuk printer yang cocok dengan kebutuhan dan budget Anda. Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik.


1 comment:

Canon Epson HP said...
This comment has been removed by the author.
Powered by Blogger.