Tuesday, May 14, 2013

Printer Laser Warna Terkecil

Fuji Xerox DocuPrint CP105b merupakan salah satu dari jajaran printer laser warna terkecil yang beredar di Indonesia. Printer ini pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai printer laser warna terkecil di Indonesia. Printer dengan berat sekitar 12 kg dan dimensi fisik 394 x 304 x 234 mm memiliki desain khas Xerox di bagian depan dan memiliki bentuk yang simple dan compact yang sangat memungkinkan digunakan pada ruang kerja yang terbatas. Terdapat tiga pilihan warna Xerox DocuPrint CP105b yaitu hitam, putih, dan spesial pink. Maximum duty cyclenya hingga 20.000 halaman per bulan.
 
Bentuknya yang compact dan kecil merupakan salah satu hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Emite Diode) yang dikembangkan Xerox. Teknologi SLED selama ini banyak ditemui di printer-printer kelas atas. Dengan adanya teknologi tersebut, Fuji Xerox mengklaim kalau mereka telah berhasil membuat sebuah printer yang handal dengan kualitas cetak yang bagus disertai dengan ukuran produk yang kecil. Teknologi ini sedikit berbeda dengan teknologi laser dan konvensional LED. Setelah riset beberapa tahun, Fuji Xerox berhasil mengembangkan teknologi SLED dengan resolusi sebesar 1.200 dpi. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak. Fuji Xerox juga mengadopsi lensa dengan karakteristik optik yang seragam untuk menghasilkan printhead LED dengan struktur sederhana beresolusi tinggi.
 
Printer dengan banderol di dua jutaan rupiah ini menggunakan model cartridge toner baru yang disebut EA-Eco (EA: Emulsion Aggregation). Toner ini berukuran lebih kecil dan menawarkan penghematan energi yang signifikan, serta diklaim lebih ramah lingkungan. Toner tersebut diklaim mampu mengurangi emisi karbondioksida hingga 35% selama proses produksi dan hingga 25% selama proses pencetakan. Toner dengan ukuran kecil ini juga mampu mengurangi konsumsi energi hingga 40%. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan temperatur fusing yang lebih rendah 20 derajat celsius, dibandingkan dengan toner EA konvensional.


Printer ini membutuhkan warm up sekitar 25 detik ketika dinyalakan. Xerox CP105b juga dapat digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas laser dengan resolusi cetak ini hingga 1200 x 1200 dpi. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 10 ppm (page per minute) untuk dokumen warna, dan 12 ppm untuk dokumen monokrom. Xerox mengklaim bahwa printer ini tidak terlalu banyak diperlukan maintenance khusus, hanya perawatan normal dan memastikan penggantian cartridge toner nya secara berkala dengan yang baru agar performa nya tetap stabil dan lebih awet. 
  
Printer ini cocok digunakan untuk konsumen rumahan karena ukurannya yang terlihat mungil, praktis, dan tidak memakan ruang. Serta bagi mereka yang ingin mencoba menggunakan printer laser. Printer Fuji Xerox CP105b juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, bagi perusahaan maupun institusi pemerintah yang membutuhkan printer yang mudah dibawa bepergian untuk kebutuhan tugas para karyawannya dalam perjalanan dinas maupun tugas keluar kota, printer laser yang kecil dan powerfull ini juga cocok digunakan. Semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak. Anda bisa memesan printer laser warna canggih ini di outlet-outlet Aston Printer Center terdekat di kota Anda.

Sumber : reviewprinterlaser.com 

No comments:

Stay Connected