Selasa, 15 Januari 2013

Cara Mengalirkan Tinta Infus Canon Pixma iP2770

Printer dengan CISS (Continuous Ink Supply System) atau lebih dikenal dengan infus printer semakin populer di Indonesia. Karena mempermudah user dalam mengisi ulang tinta, bahkan sudah ada produsen printer yang membuat sistem infus printer langsung dari pabrikan tanpa harus memasang atau modifikasi sistem infus dengan bantuan teknisi printer. Meskipun masih banyak pula konsumen yang lebih suka menggunakan printer inkjet tanpa infus dengan alasan keamanan dan berbagai alasan lain. Canon Pixma iP2770 salah satu printer inkjet di kelas entry level yang banyak digunakan di tanah air. Untuk mempermudah pengisian ulang tintanya banyak toko printer yang menawarkan jasa modifikasi atau pemasangan sistem infus tinta pada printer Canon ini bahkan ada penjual yang langsung menjual Canon iP2770 sudah dalam bentuk dipasangi CISS. 
Oleh karena itu pengetahuan tentang mengisi tinta dalam infus printer ini sangat dibutuhkan bagi pengguna printer yang sudah dimodif menggunakan ink tank tinta yang berada diluar printer kemudian dialirkan ke head printer melalui selang infus. Dalam proses mengalirkan tinta melalui selang infus tersebut, tidak selamanya selalu mulus dan aman, kadangkala, tinta yang dialirkan melalui selang infus tersebut mengalami masalah seperti masuk angin. Masuk angin (istilah mudah untuk udara yang masuk ke sistem infus) di sini terjadi karena rangkaian modifikasi tidak sempurna sehingga terjadi kebocoran pada area modifikasi sehingga menyebabkan selang infus kemasukan udara.
Apabila tinta yang ada di dalam selang sudah disisipi udara, meka proses pencetakan ke kertas akan terganggu dan tinta dalam cartrige akan berkurang hingga habis, dengan demikian hasil cetakan akan tidak terlihat lagi karena kehabisan tinta, oleh karena itu dibutuhkan tindakan pengisian kembali tinta ke dalam selang infus sekaligus membuang udara yang ada sehingga seluruh area selang benar-benar hanya tinta yang terisi tanpa adanya udarah. Berikut Cara Mengalirkan/Mengisi Tinta Dalam Infus Tinta Printer untuk mengatasi kekosongan tinta yang ada dalam infus printer Canon Pixma 2770 yang sudah dimodifikasi.
  1. Hidupkan printer
  2. Klik Start - Devices and Printers
  3. Klik kanan pada nama printer
  4. Klik Printing Preferences
  5. Klik tab Perawatan (Maintenance)
  6. Klik Pembersihan Tingkat Dalam, melancarkan mulut semprot yang tak dapat dibersihkan dengan pembersihan biasa
  7. Pilih Hitam (Black), hal ini dilakukan apabila hanya tinta berwarna hitam saja yang mengalami masuk angin, apabila tinta black dan color bermasalah maka pilih Semua Warna BK, C, M, Y (A).
  8. Klik Laksanakan dan klik OK
  9. Lakukan langkah 6, 7 dan 8 berkali-kali hingga sluruh bagian selang infus tinta benar-benar sudah terisi tinta dan tidak ada lagi sela udarah didalamnya.
Semoga tips ini bisa membantu para pembaca.
Sumber : belajar-ilmu-komputer.blogspot.com

9 komentar:

darknes mengatakan...

kalau untuk canon ip1700 sama gk?

Tips sehat mengatakan...

saya coba gan tipsnya makasih banyak,,,

idfianno trias mengatakan...

mantep gan, langsung bisa printer ane hehe

thanks :)

Anonim mengatakan...

Gan klo untuk printer epson t13x gimana ya???
Mohon info nya

Usaha Ini mengatakan...

gan tanya donkk...
kalo warnanya ngga jelas pas lagi di print knp ya??
thanks...
Usahaini.com Healthy Shop

aam niam mengatakan...

salam, gan mau tanya,printer canon pixma ip2770 hasil print huruf jd ada dua atau berbayang, itu kenapa ya?makasih jawabanya d tunggu.

luketmi digital mengatakan...

selain cleaning di maintenance, mungkin alternatif lainnya bisa dialiri udara dg suntik tanpa jarum yg dipompa melalui lubang kecil ink tank. tapi sebelumnya selang yg masuk angin di katrid dicopot dahulu sebelum dipompa. :)

Elnorado mengatakan...

makasih bang, akhirnya.... Y.Y

yayat supriatna mengatakan...

gmn cara mengetahui hanya tinta tertentu yang habis , misalnya warna kuning yg abisnya.

You May Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Stay Connected