Tuesday, May 21, 2013

Printer Multifungsi Brother MFC 8910DW

Printer Brother MFC 8910DW merupakan salah satu printer laser multifungsi monokrom dari Brother yang beredar di Indonesia. Printer laser yang dilengkapi fitur print, scan, fax, dan copy ini menggunakan processor 400 Mhz dengan memori 128 mb. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun printer laser ini memang terlihat cukup besar namun masih cocok di tempatkan di berbagai sudut meja di ruangan yang kecil maupun besar. Desainnya pun terlihat simple dengan balutan warna hitam pada sebagian besar body printer. Printer multifungsi Brother MFC 8910DW  ini memiliki 491 mm x 415 mm x 477 mm dan memiliki berat 16,7 kg dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 100.000 halaman kertas. Meskipun Brother hanya merekomendasikan printer ini duty cycle nya  sekitar 5.000 halaman per bulan. Terdapat layar LCD dengan 22 karakter huruf lima baris  yang menginformasikan proses yang sedang berlangung di printer dan simple menu system. Terdapat ADF (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer yang mampu menampung hingga 35 lembar kertas.


Printer laser warna mulltifungsi ini menggabungkan fungsi cetak, copy, scan dan fax dalam satu perangkat yang handal dengan kemampuan fungsi full automatic duplex. Fungsi cetak pada Brother MFC 8910DW mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan hingga 40 halaman per menit dengan mode kertas A4 dan 42 halaman per menit dengan mode kertas letter, dengan resolusi cetak hingga  1200 x 1200 dpi. Termasuk sangat cepat dengan hasil yang cukup baik untuk kelas printer laser multifungsi monokrom. Brother MFC 8910DW sudah dilengkapi fitur auto duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus dengan kecepatan hingga 18 ipm. Printer laser monokrom ini membutuhkan warm up time sekitar 3 detik, dan 8,5 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Brother MFC 8910DW mampu menangani kertas dengan ukuran A4, Letter, B5 (ISO/JIS), A5, B6 (ISO), Executive, Legal, Folio. Printer laser ini juga dilengkapi kemampuan USB direct print yang mampu mencetak foto langsung dari usb flash disk tanpa memerlukan sebuah PC. Printer multifungsi ini pun cukup compatible digunakan mencetak secara mobile dengan aplikasi Brother Iprint & Iscan, dan Apple AirPrint dari perangkat Iphone, I Pad, Android, maupun smartphone mobile lain karena sudah didukung koneksi Wi Fi, bahkan dengan Wi Fi Direct dapat mencetak langsung dari perangkat dengan fitur wireless tanpa harus mengatur akses point. Printer laser ini sudah didukung konektivitas jaringan Ethernet (10Base-T/100Base-TX) untuk penggunaan kelompok kerja kelas menengah dalam suatu kantor.


Fitur Secure Function Lock juga sudah ditanamkan pada printer laser ini. Fitur ini berguna untuk penghematan dan mengontrol biaya operasional printer ini dalam mencetak pada penggunaan bersama dalam kelompok kerja di kantor. Fitur ini memungkinkan administrator printer ini mengatur atau menetapkan kapasitas harian, mingguan, maupun bulanan untuk setiap penggunanya. Setelah mencapai kapasitas maksimum, user tidak dapat mencetak tanpa diberikan kapasitas tambahan untuk mencetak oleh administrator.




Dengan adanya fitur scan, semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada Brother MFC 8910DW memiliki resolusi scan hingga 1200 x 1200 dpi melalui scanner flatbednya dengan kecepatan memindai sekitar  8 halaman per menit untuk file black & white serta sekitar 4 halaman per menit untuk memindai file colour atau berwarna. Scan dapat juga dilakukan dengan ADF (Auto Document Feeder) atau langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed dan kertas ukuran folio (F4) dengan ADF yang dimiliki hingga resolusi maksimal 1200 x 600 dpi. 


Tidak hanya duplex printing, duplex color copier juga disematkan di printer Brother MFC 8910DW sehingga tidak perlu lagi repot ketika harus mengcopy dokumen dengan isi pada dua sisi kertas sekaligus. Printer laser multifungsi yang dibanderol dengan harga hamper sembilan juta ini, juga dilengkapi fitur copy monokrom dengan kecepatan meng-copy hingga 40 cpm (copy per minute) dengan resolusi hingga 1200 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Fitur faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax Brother MFC 8910DW ini mampu mencapai kecepatan fax monokrom hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 2-5 detik. Kerennya lagi terdapat fitur Duplex Mono Fax yang membantu mengirim fax dengan isi pada dua sisi kertas. Paper tray atau tempat kertas pada printer ini dapat diisi dengan 250 lembar kertas. Terdapat optional cassette tray yang dijual terpisah dengan kapasitas 500 lembar kertas. 




Brother MFC 8910DW menggunakan jenis toner standar TN-3320 dengan page yields hingga 3000 halaman dengan drum unit yang terpisah yang mampu bertahan hingga 30.000 halaman. Printer ini pun dapat menggunakan toner cartridge super yield TN-3370 dengan page yield hingga 12.000 halaman. Printer laser monokrom multifungsi ini cocok digunakan untuk para professional di berbagai perusahaan dan instansi dengan kebutuhan cetak dokumen monokrom yang cukup tinggi serta membutuhkan printer dengan fitur yang cukup lengkap untuk membantu meningkatkan kualitas hasil kerja dengan hasil cetak yang cepat untuk kebutuhan cetak monokrom. Dalam driver printernya terdapat aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk penghematan cetak dan pengaturan operasional printer seperti fitur N-up Printing, Poster Printing, Watermark Printing, ID Printing, Quite Mode, Booklet Printing, dan Secure Printing. Printer juga cocok digunakan oleh corporate besar maupun medium business dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk penggunaan bersama dalam sebuah kelompok kerja. Semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak.


No comments:

Stay Connected