Tuesday, November 12, 2013

Mengenal Jenis Tinta Printer Inkjet


Printer yang beredar di pasaran ada beberapa type atau jenis sesuai dengan cara kerja printer itu sendiri. Salah satunya adalah printer inkjet. Printer inkjet atau tinta ternyata menggunakan jenis tinta yang berbeda-beda, diantaranya yaitu :



Tinta Dye
Tinta dye atau water based adalah tinta yang paling banyak digunakan oleh printer pada umumnya. Tinta dye bersifat hasil cetak yang bagus, warna cerah. Hasil print di kertas foto sangat bagus.  Tinta dye warnanya lebih kaya daripada tinta pigment, namun tinta dye tidak tahan atau luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya dibanding tinta pigment

Tinta Pigment, Minyak, atau Durabrite
Tinta Pigment adalah tinta yang warnanya berasal dari pewarna pigment/biasanya berupa bubuk, dan tidak larut dalam air. Nama campurannya dalam bahasa Inggris disebut sebagai suspension. Karena pewarna pigment berupa bubuk, partikel pewarna ini tidak ikut merembes masuk ke serat kertas, tetapi tinggal di permukaan dan menjadi lapisan pewarna yang lebih tahan luntur dan tahan cahaya. Sebaliknya pada Tinta Dye, pewarna ini larut dalam air dan merembes ke serat kertas. Dan untuk membedakannya, tinta dye warnanya bening/transparan (jika ikan bisa berenang di dalamnya pasti akan kelihatan). Sebaliknya tinta pigmen warnanya seperti susu (buram). Tinta ini juga di gunakan pada printer inkjet dengan teknologi yang lebih maju. Meskipun varian warna tidak sebanyak Dye ink, namun waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta Dye ink dan warna atau partikel tintanya lebih solid pada cetakan kertas.


Tinta Sublimation
Tinta Sublimation walaupun diperuntukkan untuk printer inkjet biasa, namun dikembangkan bukan oleh pabrik pembuat printer. Kebalikan dengan Tinta Inkjet Biasa yang dikembangkan oleh pabrik pembuat printer. Tinta Sublimation ini dikembangkan oleh pihak lain yang memanfaatkan teknologi inkjet untuk keperluan komersial. Dengan menggunakan tinta ini, maka proses sublimation, yaitu proses padat langsung menjadi gas, bisa dipindahkan untuk memindahkan gambar yang dicetak dengan tinta sublim ke bahan lain (kain, keramik, polyster, dsb) setelah dipanasi dengan mesin pemanas (seperti setrika). Keuntungannya dengan proses sublimasi ini, printer personal bisa menjadi mesin komersial dengan harga yang terjangkau.

Tinta Art Paper
Tinta art paper memang dikhususkan untuk mencetak di atas kertas art paper. Namun tidak semua tinta mampu digunakan untuk mencetak di media art paper dengan printer inkjet biasa. Art Paper Ink ditujukan untuk pencatakan khusus untuk pencetakan file-file dengan media kertas Art Paper. Tinta art paper ini membuat printer inkjet pun mampu mencetak dengan media art paper, seperti printer atau mesin cetak di percetakan profesional. Dengan Art Paper Ink ini gambar yang dihasilkan tajam, warna yang cerah, melekat sempurna di media kertas art paper, dan aroma nya sangat lembut.


Sumber : amazinkprint.com

No comments:

Stay Connected