Tuesday, November 12, 2013

HP Deskjet 1010 Review


Ini dia salah satu printer produksi HP yang baru saja diperkenalkan secara resmi di Indonesia Oktober lalu, HP Deskjet 1010 yang merupakan seri printer dari HP yang kemungkinan menjadi printer HP paling murah yang akan beredar di Indonesia tahun depan. Jika melihat bentuk dan seri printernya, kemungkinan besar seri ini akan menjadi printer penerus HP Deskjet 1000 yang terkenal sebagai printer inkjet paling murah dari HP. Tak banyak hal spesial dari printer inkjet ini, kecuali ukurannya yang  kecil dan ringan pada printer inkjet single function ini dan harganya yang relatif ramah bagi user dengan dana terbatas.


Kemungkian besar printer ini akan dibanderol di kisaran harga di yang tidak jauh dari HP Deskjet 1000, dikitaran harga 400-600 ribu rupiah, dan akan masuk disegmen harga yang memang hanya didominasi oleh printer inkjet dari HP dan Canon. Dalam website resmi HP, tidak ada embel-embel ink advantage pada printer seri ini berarti belum menggunakan cartridge dengan kapasitas yang cukup banyak. Konsumen bisa mendapatkan sebuah printer dengan fungsi tunggal untuk kebutuhan mencetak baik itu dokumen warna maupun monokrom. HP Deskjet 1010 memang di desain khusus dengan fungsi utama mencetak.

Dengan bentuk compact dan desain bodi yang simple dan kecil menjadi ciri khas printer inkjet HP entry level, printer ini memang ditujukan untuk pengguna printer rumahan, mahasiswa, dan juga kantoran kecil yang menginginkan produktifitas cetak harian yang tidak terlalu banyak namun cukup rutin. Terdapat tombol power, cancel, dan resume di bagian atas printer. Dengan dimensi fisik 423 x 217 x 127 mm, printer ini mudah ditempatkan di berbagai sudut meja maupun ruangan. Printer dengan banderol harga di bawah sejuta ini, memiliki berat cukup ringan, hanya sekitar 2.06 kg dengan duty cycle maksimum perbulannya 1.000 halaman.


Konsumsi listriknya printer inkjet warna ini pun cukup irit, hanya sekitar 10 watt dalam posisi printing, dan 0,3 watt dalam posisi sleep. Printer ini mampu menangani media kertas Letter, A4, legal, 4 x 6 in, 5 x 7 in, dan 8 x 10 in. Printer HP Deskjet 1010 menawarkan kecepatan cetak hingga 7 ppm ISO untuk dokumen monokrom dan 4 ppm ISO untuk dokumen warna. Resolusi cetaknya 600 x 600 dpi untuk pencetakan monokrom (hitam). Sedangkan untuk pencetakan warna, resolusi HP Deskjet 1010 mampu mencapai 4800 x 1200 interpolasi untuk mode pencetakan gambar dan foto kelas rumahan.


Printer inkjet warna HP Deskjet 1010 menggunakan dua buah ink cartridge (kartrid) yaitu cartridge HP 802 Black & 802 Tri Colors. Dan terdapar versi Xtra Large untuk kebutuhan cetak yang lebih banyak. Katrid black-nya menggunakan jenis tinta pigmen hitam untuk menghasilkan cetak warna hitam berkualitas tinggi, serta tinta warna berbasis dye untuk menghasilkan cetak grafis dengan warna-warna yang jelas dan tajam. Katrid ini juga dirancang untuk menghasilkan halaman cetak yang cukup banyak dalam kemasan yang ringkas, praktis, serta ramah lingkungan. HP Deskjet 1010 pun telah memenuhi kualifikasi ENERGY STAR®. Kemungkinan besar untuk kode cartridge printer ini di Indonesia akan berbeda dengan versi internasionalnya. Kita tunggu saja kehadirannya di pasaran printer Indonesia.

1 comment:

Hendri Dakaria said...

mau nanya, gimana caranya kertas sources ukuran a4 bukan letter

Stay Connected