Monday, December 16, 2013

Fuji Xerox DocuPrint M215b


Fuji Xerox yang fokus dalam pengembangkan pasar printer laser di Indonesia, kembali menghadirkan beberapa printer multifungsi terbarunya di tanah air. Fuji Xerox DocuPrint M215b merupakan salah satu printer laser multifungsi monokrom terbaru dari Fuji Xerox yang belum lama ini diperkenalkan di Indonesia. Printer laser ini akan mulai menggantikan seri sebelumnya yaitu DocuPrint M205b. Bentuk dan fiturnya pun tidak jauh berbeda. Yang membedakan seri ini dengan M215fw adalah pada DocuPrint M215b belum terdapat ADF (Automatic Document Feeder) pada bagian atas printer dan belum disertai fitur fax.


Printer laser 3 in 1 yang dilengkapi fitur print, scan, dan copy ini menggunakan processor 300 Mhz dengan memori 128 mb. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun printer laser ini tidak terlihat terlalu besar dan cocok di tempatkan di berbagai sudut meja di ruangan yang kecil maupun besar. Desainnya pun terlihat simple dan compact dengan balutan warna putih pada sebagian besar body printer dengan warna hitam pada lapisan panel control. Terdapat layar LCD dengan 4 line yang menginformasikan proses yang sedang berlangung di printer dan simple menu system.

Bentuknya yang compact dan resolusi cetaknya yang baik merupakan salah satu hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Light Emite Diode) yang dikembangkan Fuji Xerox. Dengan adanya teknologi tersebut, Fuji Xerox mengklaim kalau mereka telah berhasil membuat sebuah printer yang handal dengan kualitas cetak yang bagus disertai dengan ukuran produk yang kecil. Teknologi ini sedikit berbeda dengan teknologi laser dan konvensional LED. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak.


Printer multifungsi monokromFuji Xerox DocuPrint M215b memiliki dimensi 410 x 389 x 299mm dan memiliki berat sekitar 8,9 kg dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 30.000 halaman. Printer ini membutuhkan warm up sekitar 36 detik ketika dinyalakan. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 250 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 24 ppm (page per minute) untuk dokumen monokrom. Koneksi wireless ethernet-nya (10/100BaseT) pun cukup baik untuk penggunaan komputer jaringan dan penggunaan kelompok kerja kecil bersama-sama dalam sebuah kantor.

Printer laser multifungsi monokrom A4 ini membutuhkan warm up sekitar 25 detik ketika dinyalakan. Resolusi cetak Xerox P215b ini yaitu 1200 x 1200 dpi. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 24 ppm (page per minute) dengan draft mode. Fuji Xerox mengklaim bahwa printer ini tidak terlalu banyak diperlukan maintenance khusus, hanya perawatan normal dan memastikan penggantian cartridge toner nya secara berkala dengan yang baru agar performa nya tetap stabil dan lebih awet. Sayangnya printer ini belum dilengkapi fitur auto duplex printing, untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus. Printer ini memiliki koneksi USB yang dapat dimanfaatkan untuk USB Direct Printing dan Direct Scanning sehingga dapat melakukan proses kerja langsung melalui USB flash disk tanpa melalui PC dan memindahkan langsung dokumen hasil scan ke usb flash memory.


Fitur scan nya pun semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada Fuji Xerox DocuPrint M215b memiliki resolusi scan hingga 1200 x 1200 dpi dengan scanner flatbed. Scan dapat dilakukan langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed. Fungsi scanner bisa dioperasikan dari PC maupun langsung melalui panel depan. Hasil scan juga bisa langsung dikirim melalui e-mail tanpa harus melampirkan hasil scan tersebut. Untuk seri ini belum dilengkapi ADF sehingga area scan nya hanya ukuran kertas A4 dan harus satu persatu secara manual. Printer laser monokrom multifungsi ini, juga dilengkapi fitur copier dengan kecepatan meng-copy hingga 24 cpm (copy per minute) dengan resolusi maksimal hingga 600 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Proses copy dapat dilakukan melalui scanner flatbed nya.

Printer ini juga telah dilengkapi dengan teknologi konservasi lingkungan terkini untuk mengurangi kerusakan ligkungan dan menghemat energi. Semua model juga dilengkapi dengan Toner Hemat Energi yang dikembangkan oleh Fuji Xerox. Toner EA-Eco telah dirancang untuk meleleh pada temperatur yang rendah dibandingkan dengan alat terdahulu, yang berarti printer menggunakan panas lebih sedikit dan lebih hemat listrik. Toner ini diklaim dapat mengurangi emisi karbondioksida sebesar 35 persen.  Namun, biasanya pada printer ini, toner cartridge bawaannya ketika Anda baru membeli printer ini kondisi baru, kapasitas toner cartridgenya hanya separuh dari toner replacementnya. Jadi jangan kaget jika ketika baru beli, tonernya cepat habis. Jangan khawatir, karena rata-rata printer dikelas entry level memang dibuat demikian.


Printer laser multifungsi monokrom yang dibanderol dengan harga resmi 1 jutaan rupiah ini, menggunakan cartridge toner berukuran lebih kecil pada umumnya dan menawarkan penghematan energi yang cukup signifikan, serta diklaim lebih ramah lingkungan. Cartridge toner standarnya memiliki kapasitas hingga 1.000 halaman. Terdapat pula toner high yield untuk seri printer ini dengan kapasitas 2.200 halaman (coverage 5% area cetak).  Semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak. Bagi yang berminat bisa memesan printer Fuji Xerox ini di outlet-outlet Aston Printer terdekat di kota Anda. 

No comments:

Stay Connected