Thursday, October 4, 2012

Memilih Printer Inkjet Ideal


Printer ink jet merupakan jenis printer yang paling popular dan banyak digunakan di Indonesia. Berbagai kalangan yang membutuhkan printer untuk mencetak dokumen dari computer, kebanyakan menggunakan printer inkjet. Printer inkjet atau printer tinta selain harganya murah, mudah didapatkan, dan mudah perawatannya. Perkembangannya pun sangat cepat dan variasi nya semakin banyak dari berbagai vendor ternama yang memasarkan produk printer inkjetnya di tanah air. Berkat inovasi teknologi, tidak sulit untuk menemukan printer terbaik dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan.


Untuk memilih printer inkjet yang ideal sebenarnya cukup mudah, meskipun terkadang menjadi susah karena berbagai pertimbangan dari masing-masing orang yang ingin membeli printer inkjet. Memilih printer seperti memilih tim kerja yang siap untuk menghadapi tantangan kerja demi pencapaian hasil yang maksimal. Sebenarnya dibutuhkan banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Namun, tak perlu terlalu khawatir, karena berikut adalah hal-hal pokok yang dapat menjadi acuan Anda dalam memilih printer inkjet yang ideal bagi Anda.

1. Tentukan apa yang Anda butuhkan
Hal pertama yang anda harus tentukan ketika memilih printer adalah untuk tujuan apa anda menggunakannya. Apakah hanya khusus untuk mencetak atau anda perlu fungsi lain seperti fotocopy atau pun scan. Apakah printer inkjet yang monokrom atau yang printer color atau warna. Oleh karena itu pastikan printer macam apa yang  Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak.

2. Pastikan budget Anda
Pastikan berapa anggaran atau budget yang Anda siapkan sehingga dapat memilih produk printer inkjet yang sesuai dengan kebutuhan cetak dan budget Anda. Dan juga perkirakan budget untuk perawatan dan pengeluaran untuk pembelian cartridge atau refill yang pasti akan diperlukan. Sehingga hasil yang dicapai bisa semaksimal mungkin.

3. Resolusi Cetak
Resolusi menjadi sangat penting jika anda membutuhkan kualitas cetak yang prima. Resolusi printer inkjet rata-rata sudah cukup baik. Jika Anda menggunakan printer warna yang paling murah pun sudah memamerkan resolusi optikal yang cukup bagus, yang cocok untuk kebutuhan cetak dokumen berwarna. Namun jika Anda tidak benar-benar menginginkan kualitas cetak yang prima, abaikan saja resolusi yang lebih tinggi. Karena resikonya Anda harus siap untuk menunggu lebih lama untuk mendapatkan hasil cetaknya. Jika Anda akan menggunakan printer inkjet Anda untuk kebutuhan cetak foto yang cukup banyak, sering, dan hasil yang tajam, Anda harus mempertimbangkan menggunakan printer inkjet dengan 6 warna. Namun jika hanya terkadang mencetak foto, printer inkjet warna yang sekarang beredar sudah cukup bagus.

4. Kecepatan Mencetak
Kecepatan menjadi yang anda harus pertimbangkan. Printer inkjet yang sekarang beredar cukup bisa memenuhi kebutuhan cetak cepat. Semua kembali kepada seberapa banyak kebutuhan cetak Anda. Karena printer inkjet biasa memiliki batasan duty cycle perbulan yang tidak terlalu banyak, agar printer Anda tetap awet. Jika kebutuhan cetak memerlukan printer yang cepat & mampu mencetak banyak, Anda perlu mempertimbangkan membeli printer laser. Setelah itu telitilah kecepatan mesin dan duty cycle bulanan dari printer yang sedang menjadi  bahan pertimbangan, untuk melihat apakah pola pakai Anda sesuai dengan kemampuan printer. Untuk mengetahui kecepatan cetak mesin printing Anda bias menanyakan kepada para penjual printer atau bias mencoba sendiri printer yang akan Anda beli, jika ada sample produk yang bisa Anda coba untuk mengetahui seberapa cepat proses mencetaknya.

5. Periksa Garansi Produk dan Kontak Service Centernya
Pilih printer laser yang memiliki garansi produk yang lebih baik. Anda dapat melihatnya dengan membandingkan produk dari berbagai brand printer inkjet yang beredar di Indonesia. Jangan lupa pula untuk mengecek kontak service resminya. Hal tersebut perlu dilakukan jika terjadi sesuatu gangguan pada printer laser yang anda gunakan selama dalam masa garansi. Sehingga dapat menghemat budget perawatan printer Anda dan Anda pun menjadi lebih tenang dan nyaman dalam penggunaan printer

6. Pastikan Cartridge, Tinta, Refill, & Infus System
Salah satu kelebihan printer inkjet adalah bisa diinfus atau diberi tempat tinta diluar printer atau di dalam printer tersendiri. Sehingga nantinya dalam perawatan pengisian tinta/refill menjadi lebih mudah. Meskipun tidak semua seri printer inkjet bisa diinfus atau direfill. Namun kebanyakan printer inkjet baru yang beredar di Indonesia bisa menggunakan system infus tank. Jika Anda tidak ingin menggunakan system infuse, Anda pun dapat merefill cartridge printer inkjet Anda dengan cara disuntik, meskipun memerlukan kehati-hatian khusus jika Anda belum terbiasa melakukan refill sendiri agar tidak merusak cartridge atau printer. Jika Anda tidak mau repot dan punya anggaran yang baik, bisa mengganti cartridge printer Anda setiap tinta habis, meski cartridge printer inkjet tergolong cukup mahal. Beberapa produsen printer kini menyediakan tinta printer inkjet original dengan harga yang cukup terjangkau. Atau jika ingin yang lebih murah, Anda bisa memilih tinta printer compatible yang kini banyak dijual. Oleh karena itu pastikan cara seperti apa yang Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Jika Anda membutuhkan cartridge, tinta printer, merefill, dan memasang infuse printer serta servis printer, Anda cukup datang ke Aston Printer Center dimana kami menyediakan berbagai hal tentang kebutuhan mencetak Anda. Jika Anda bingung memilih printer apa yang cocok dengan Anda, silahkan datang ke Aston Printer Center terdekat, dan customer service kami akan membantu Anda dan memberikan solusi untuk kebutuhan cetak Anda.

Aston Printer Center “Selalu Memberikan Yang Terbaik”

No comments:

Stay Connected