Thursday, October 4, 2012

Tips Memilih Printer Laser Ideal

Printer laser kini semakin banyak digunakan di kalangan personal institusi swasta maupun pemerintah. Alat ini menjadi tools penting dalam memenuhi kebutuhan cetak kantor yang semakin tinggi. Apalagi jika berada disituasi yang akan menuntut untuk mencetak laporan, statistik, penelitian, dan hal lain dalam jumlah yang banyak dan deadline yang sempit. Printer laser yang ideal dibutuhkan untuk pekerjaan yang sangat penting ini. Berkat inovasi teknologi, tidak sulit untuk menemukan printer terbaik dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan.
Untuk memilih printer laser yang ideal tidaklah mudah. Memilih printer laser seperti memilih tim kerja yang siap untuk menghadapi tantangan kerja demi pencapaian hasil yang maksimal. Dibutuhkan banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Namun, tak perlu terlalu khawatir, karena berikut adalah hal-hal pokok yang dapat menjadi acuan Anda dalam memilih printer laser ideal.



1.Tentukan apa yang Anda butuhkan
Hal pertama yang anda harus tentukan ketika memilih printer laser adalah untuk tujuan apa anda menggunakannya. Apakah hanya khusus untuk mencetak atau anda perlu fungsi lain seperti fotocopy atau pun scan. Apakah printer laser yang monokrom atau yang printer laser color. Oleh karena itu pastikan printer laser macam apa yang  Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan mencetak anda atau institusi anda.

2. Kecepatan Mencetak
Kecepatan menjadi hal penting yang anda harus pertimbangkan. Karena disinilah kelebihan utama printer laser. Kebanyakan institusi membutuhkan printer laser karena kemampuan cetaknya yang cepat. Sebelum membeli printer laser, sebaiknya hitung atau buat perkiraan dulu berapa halaman yang anda atau institusi anda cetak setiap bulannya. Setelah itu telitilah kecepatan mesin dan duty cycle bulanan dari printer yang sedang menjadi  bahan pertimbangan, untuk melihat apakah pola pakai Anda sesuai dengan kemampuan printer.

3. Resolusi atau kualitas cetak
Resolusi menjadi sangat penting jika anda membutuhkan kualitas cetak yang prima. Resolusi printer laser rata-rata sudah cukup baik. Printer laser warna yang paling murah pun sudah memamerkan resolusi optikal yang cukup bagus, yang cocok untuk kebutuhan kebanyakan bisnis. Namun jika Anda tidak benar-benar menginginkan kualitas cetak yang prima, abaikan saja resolusi yang lebih tinggi. Karena resikonya Anda harus siap untuk menunggu lebih lama untuk mendapatkan hasil cetaknya.

4. Pastikan budget Anda
Pastikan berapa anggaran yang  Anda atau institusi Anda siapkan sehingga dapat memilih produk printer laser yang sesuai dengan kebutuhan cetak dan budget Anda atau institusi Anda. Dan juga perkirakan budget untuk perawatan dan pengeluaran untuk pembelian cartridge atau toner yang pasti akan diperlukan. Sehingga hasil yang dicapai bisa semaksimal mungkin.

5. Pastikan Cartridge Toner nya
Pilih cartridge toner yang berkualitas dan bergaransi. Karena cartride OEM biasanya tidak bergaransi dan tidak selalu ready stock, apa lagi jika institusi Anda membutuhkan dalam jumlah yang banyak. Pilih cartridge toner yang bisa direfill jika memang perlu untuk merefill. Karena tidak semua cartridge toner bisa direfill. Kalau pun bisa direfill maksimal hanya 2 sampai 3 kali. Setelah itu harus membeli cartridge toner baru siap pakai.

6. Periksa Garansi Produk dan Kontak Servicenya
Pilih printer laser yang memiliki garansi produk yang lebih baik. Anda dapat melihatnya dengan membandingkan produk dari berbagai brand printer laser yang beredar di Indonesia. Jangan lupa pula untuk mengecek kontak service resminya. Hal tersebut perlu dilakukan jika terjadi sesuatu gangguan pada printer laser yang anda gunakan selama dalam masa garansi. Sehingga dapat menghemat budget perawatan printer Anda atau institusi Anda dan Anda pun menjadi lebih tenang dan tetap bekerja dengan maksimal.
Referensi : ORIMAX

No comments:

Stay Connected