Printer A3 Epson Stylus Office T1100

Epson Stylus Office T1100 merupakan salah satu printer produksi Epson yang mampu mencetak dengan media kertas sampai ukuran A3+. Sesuai dengan namanya, Epson Stylus Office T1100 dihadirkan guna memenuhi kebutuhan cetak untuk beragam ukuran dengan kualitas prima untuk berbagai kebutuhan kantor, meskipun tidak menutup kemungkinan pengguna rumahan pun dapat menggunakannya. Epson T1100 memiliki kemampuan mencetak, mulai ukuran 4R (10,2x15,2 cm) hingga A3+ (32,9x48,3 cm), dengan kualitas cetak yang cukup mumpuni. Epson mengklaim bahwa printer A3 ini mampu mencetak poster, grafik, dan diagram atau tabel besar pada ukuran kertas A3, sama baiknya dengan mencetak pada kertas berukuran lebih kecil. Printer dengan berat 11,8 kg ini, memiliki dimensi fisik 616 x 322 x 215mm. Desainnya tidak terlihat dinamis dan terlihat cukup menghabiskan tempat di meja untuk printer yang berfungsi hanya untuk mencetak ini. 
 
Meski merupakan kelas kantoran yang lebih berfokus mencetak dokumen saja, Epson Office T1100 mampu pula mencetak gambar kualitas foto. Epson Stylus Office T1100 mampu mencetak hingga resolusi 5760x1440 dpi berkat teknologi pencetakan bersistem tetesan tinta berukuran variabel (Variable-Sized Droplet/VSDT) yang tertanam di dalam teknologi print head Epson Micro Piezo. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil gradasi gambar yang sangat halus, baik untuk dokumen, foto hitam putih maupun berwarna. Epson Stylus Office T1100 tidak menggunakan cartridge dengan jenis tinta dye, namun menggunakan teknologi tinta DURABrite Ultra yang diklaim oleh Epson dapat membuat hasil cetak bertahan lama dan tidak luntur meskipun terkena air. Epson mengklaim hasil cetak dengan tinta ini tahan pudar hingga 120 tahun lamanya.

Dalam pengoperasiannya, Epson Stylus Office T1100 memakai 5 buah cartridge terpisah yang terdiri dari cartrideg cyan, yellow, magenta, dan 2 tinta black dalam sistem cartridge Epson Inkdividual dengan kode cartridge 73HN Ink Series (High Capacity Black) dan 103 Ink Series (Extra High Capacity) untuk cartridge warnanya. Sedikit janggal jika kita melihat beberapa printer A3 Epson lainnya yang menggunakan cartridge 6 warna, namun printer ini malah menggunakan cartridge 4 warna dengan 2 buah cartridge hitam. Epson mengklaim bahwa sistem 2 cartridge hitam ini akan memudahkan penggantian bila salah satunya habis. Tinta hitam yang pertama digunakan untuk mencetak dokumen berbasis teks sedangkan tinta satunya tergabung dalam warna cyan, magenta dan yellow yang khusus untuk mencetak dokumen warna hingga foto. Seri ini bisa digunakan dengan 3 jenis cartridge yang terdiri dari kapasitas standard, high, dan extra high. Kapasitas high hanya terdapat pada tinta warna hitam (black) dan kapasitas extra high tersedia untuk warna cyan, yellow dan magenta. Epson mengklaim kapasitas high mampu mencetak hingga 790 lembar dan kapasitas extra high mampu mencetak hingga 805 lembar pada dokumen standar.

Epson Stylus Office T1100 cukup cepat saat mencetak dokumen monokrom. Mampu mencetak file monokrom dengan kecepatan hingga 30 ppm dan 17 ppm untuk dokumen warna dengan media kertas A4 (draft mode). Sedangkan untuk mencetak photo berukuran 10x15cm / 4x6inch/4R printer ini membutuhkan waktu sekitar 31 detik perlembar (draft mode) dan sekitar 83 detik untuk kualitas photo default atau standard. Untuk mencetak photo di media kertas A3 tentu saja akan lebih memakan waktu, tergantung pada warna dan kualitas cetak yang bisa diatur dengan software bawaan printer A3 ini. Konsumsi listriknya hanya sekitar 26 watt ketika proses printing. 

Printer dengan bandrol harga tiga jutaan ini memang menawarkan fleksibiltas dan kemudahan cetak foto berukuran A4 hingga dokumen berukuran maksimal A3+. Kemampuannya ini membuatnya sesuai bagi penggunaan usaha kecil menengah, dalam pencetakan yang beragam maupun para professional kantoran yang sering membutuhkan pencetakan dengan media kertas A3. Seri Office memang ditujukan untuk penggunaan di kantoran namun tidak menutup kemungkinan bisa juga dipakai untuk menangani kebutuhan personal atau rumahan. Pesan segera printer A3 Epson Stylus Office T1100 di Aston Printer Center terdekat dengan paket penawaran special dengan CISS (system infuse) AMAZiNK untuk seri printer A3 ini. 


2 comments:

Anonymous said...

Berapa duit bos

Unknown said...

mantap nih

Powered by Blogger.