Cara Mencetak Dari iPAD Dengan Printer HP

Dengan aplikasi ePrint dan AirPrint kita dapat mencetak dari perangkat Apple IOS di beberapa printer HP yang support untuk fitur ini. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan printer inkjet atau laser HP yang digunakan dapat mendukung fitur aplikasi tersebut. AirPrint adalah solusi cetak dari Apple yang termasuk pada sistem operasi Apple IOS 4.2. AirPrint dapat digunakan untuk iPad, iPhone, dan iPod touch yang tersedia pada Operating System IOS 4.2. AirPrint memberikan solusi pada iPad, iPhone, dan iPod touch mencetak secara nirkabel | wireless dari aplikasi yang dipilih, dengan tidak perlu melakukan instalasi atau driver download. Dengan fitur ini perangkat Apple dapat secara otomatis terkoneksi dengan Printer HP ePRINT pada jaringan nirkabel dan melakukan tugas cetak. HP printer yang mensupport ePRINT menjadi produk pertama yang mendukung Apple AirPrint pada IOS 4.2, sehingga mudah untuk mencetak apapun, kapanpun dan dimanapun.

Apa perbedaan antara Apple AirPrint dan HP Eprint HP?

HP ePrint adalah layanan gratis dari HP yang memungkinkan Anda untuk mencetak dari semua perangkat yang mendukung email ke Printer HP selama printer tersebut terhubung ke internet atau Web. Kapan saja, dari lokasi manapun, melalui Internet. Langkah yang sangat sederhana seperti mengirim email ke alamat email printer.

Apple AirPrint menggunakan jaringan lokal nirkabel untuk mencetak langsung dari iPhone, iPad, atau iPod ke Printer HP Eprint. Setiap produk Apple yang telah menggunakan minimum Apple IOS 4.2 dan kompatibel dengan Apple AirPrint. Tidak di perlukan tambahan aplikasi pada iPAD untuk mencetak dengan ePRINT. Tapi, sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan Anda men-aktifkan layanan Web Service pada Printer ePRINT. Anda dan sudah melakukan registrasi pada HP ePRINTCenter untuk mendapatkan alamat email Printer.

1. Pastikan printer dalam posisi ON, terkoneksi ke Web atau Jaringan Network, dan dapat  terhubung dengan Internet 2. Cek pada iPAD, cari Dokumen atau Gambar foto yang ingin di cetak 3. Sentuh ikon "Action" untuk menampilkan Menu Opsi, dan pilih email Foto, email Dokumen atau opsi yang serupa. Foto atau Document akan tampil sebagai bentuk email. 4. Ketik atau pilih alamat email printer pada kolom "TO:" 5. untuk merubah pilihan cetak, pergi ke ePRINTCenter dan log in disana, pilih ePRINT settings dan kemudian pilih "Print Option" pada menu HP ePRINT setting 6. Pilih "Send" untuk mengirim perintah. Perintah Cetak akan segera bekerja (Dibutuhkan waktu untuk printer menerima perintah cetak - dan Koneksi Internet)
Tips untuk mencetak Foto pada HP ePRINT: a. Apabila Printer Anda tidak dilengkapi dengan foto Paper Tray, pastikan kertas foto di  letakkan pada Tray utama b. Pastikan ukuran file Foto yang akan di cetak < 5MB (Attachment) c. Pastikan ukuran file foto memiliki Resolusi DPI yang cukup, Gambar image (JPEG, BMP, TIFF) harus memiliki minimal 100dpi atau lebih. Foto yang resolusi nya < 100dpi tidak bisa di cetak dan pesan "Failed" pada ePRINT Center 
Apa yang harus saya lakukan apabila kesulitan mencetak dengan ePRINT?
1. Pastikan printer dalam posisi "ON"
2. Koneksi Nirkabel Printer HP memerlukan beberapa waktu untuk bisa terkoneksi dengan Network dan pastikan Printer sudah terhubung dengan Router Wifi sebelum mulai mencetak  
3. Pastikan Firmware Printer sudah ter-update dengan versi terakhir 
4. Pastikan kondisi Tinta / Toner printer cukup dan Terisi kertas 
5. Masuk ke ePRINTCenter dan log in  
6. Pilih pada Tab bagian atas dengan Nama Printer Anda, kemudian cari "Recent print Jobs" untuk mencek status Cetak.

Bagaimana mencetak dari sebuah iPAD dengan Apple AirPrint?
Apple AirPrint memberikan kemudahan bagi Anda untuk mencetak secara Nirkabel | Wifi, untuk mencetak Halaman Web, Emails, Foto dan Content dari Aplikasi yang mendukung AirPRINT.
Sebelum Anda mencetak dengan AirPRINT, pastikan beberapa hal berikut:
1. Ipad Anda ter install IOS 4.2 atau lebih tinggi 2. Printer HP anda compatible / mendukung Apple AirPrint 3. Printer dan iPAD terkoneksi di Jaringan Wifi yang sama, yaitu 802.11 
Ikuti langkah ini untuk mencetak dari iPAD ke Printer ePRINT dengan fitur wireless AirPrint
Langkah 1: Pilih Printer  1. Cek pada aplikasi Ipad, pilih icon Action untuk opsi Menu

2. Pilih "PRINT"
 
3. Pada Printer Menu, pilih "Select Printer", akan muncul Printer yang available 

AirPrint support beberapa pilihan media dan ukuran kertas, seperti: Letter, Legal, A4, 4x6 inch Media Foto, A6 Media Foto. Dengan AirPrint, Anda tidak memiliki opsi untuk memilih jenis ukuran kertas. Kertas dan ukuran media secara otomatis di pilih tergantung dari aplikasi yang Anda gunakan, dari Printer akan di set sesuai region negara dimana Anda mencetak dengan AirPRINT. Sebagai contoh, dari Aplikasi Apple Photo, jika printer anda memiliki tray terpisah KHUSUS untuk kertas Foto, AirPrint akan menggunakan ukuran 4x6 in sebagai media standard untuk mencetak, jika si printer tidak memiliki Paper Tray KHUSUS, AirPrint akan menggunakan ukuran Letter sebagai standard seperti pada aplikasi Browser Safari, Letter size standard di US region dan A4 sebagai standard di negara Eropa.

Sumber : http://myhpstore.blogspot.com dan HP Customer care

No comments:

Powered by Blogger.