Wednesday, January 2, 2013

Printer A3 Dengan 12 Cartridge : Canon Pixma Pro-1 Review


Kini kebanyakan orang, terutama fotografer, lebih suka foto hasil jepretan yang diambil melalui kamera disimpan di hard-disk atau diunggah ke jejaring sosial. Ini karena mencetak foto di atas kertas tak lagi popular di masyarakat. Namun ada image, dimana bagi para fotografer sejati, mencetak foto di atas kertas masih tetap dibutuhkan untuk membandingkan hasil jepretan dan untuk memerkan hasil karyanya. Apalagi kini perkembangan fotography di tanah air yang semakin marak. Membuat banyak fotografer bermunculan dengan hasil karyanya yang memukau dan tingkat kebutuhan akan hasil cetak foto yang benar-banar berkualitas. Canon menjawab kebutuhan ini dengan meluncurkan printer yang ditujukan khusus untuk para fotografer, yaitu Canon Pixma Pro 1.

Printer Canon Pixma Pro 1 belum lama ini diperkenalkan di tanah air. Printer ini merupakan printer yang memang khusus untuk mencetak. Dengan desain body yang compact dan elegan, printer ini terlihat cukup besar untuk ukuran printer inkjet. Namun bisa dimaklumi karena media kertas mampu hingga ukuran A3 + dengan menggunakan jumlah individual cartridge yang banyak. Dengan ukuran dimensi fisik 695 x 462 x 239 mm, printer inkjet ini memiliki berat 22,7 kg. Terdapat Direct Disc Print Tray pada bagian depan printer yang dapat dipasang dan dilepas untuk mencetak langsung di atas media kepingan CD atau DVD. Canon memproduksi printer terbaru ini yang masuk kategori Pro-series untuk membantu para fotografer profesional dalam mencetak foto. Berlabel Canon Pixma Pro-1, printer fantastis ini menempati posisi puncak pada kelas Canon Pixma Pro-series.

Dibuat sebagai printer kelas profesional, Canon Pixma Pro-1 telah dibekali dengan tinta berteknologi LUCIA pigment ink. Canon mengklaim bahwa tinta printer tersebut mampu mencetak foto dengan kecepatan tinggi dan memiliki durabilitas yang lebih baik dari tinta biasanya. Yang paling menarik perhatiannya adalah Canon Pixma Pro-1 dipersenjatai dengan kombinasi 12 tinta dengan individual cartridge yang terdiri dari 5 tinta warna monochrome (Photo Black, Matte Black, Dark Gray, Gray, dan Light Gray) dan 6 tinta warna (Cyan, Magenta, Yellow, Photo Cyan, Photo Magenta, Red) serta termasuk 1 tinta Chroma Optimizer. Kode cartridgenya Canon PGI-29 yang terdiri atas PGI-29PBK, PGI-29MBK, PGI-29DGY, PGI-29GY, PGI-29LGY, PGI-29C, PGI-29PC, PGI-29M, PGI-29PM, PGI-29Y, PGI-29R, dan PGI-29CO. Cartridge-cartridge ini terletak di bagian kanan depan dan kiri depan printer dengan masing-masing 6 ink cartridge di kedua sisi tersebut yang mudah dipasang dan dilepas ketika penggantian cartridge. Cartridge tinta berukuran cukup besar, mampu menampung tinta hingga 36 ml. Dengan FINE (Full-Photolithographic Inkjet Nozzle Engineering) technology, resolusi cetaknya mampu mencapai resolusi hingga 4800 x 2400 dpi. Dan dengan teknologi Chroma Optimizer akan membuat hasil cetak lebih tajam, efek glossy yang lebih baik, dan foto lebih tahan lama. Setiap slot tinta Pixma Pro-1 diberi label dengan jelas, selalu ada tombol diatas masing-masing slot untuk memudahkan melepas cartridge tinta ketika ingin menggantinya. Ketika ada salah satu cartridge kehabisan tinta, printer akan mendeteksi otomatis dan mengirimkan pemberitahuan melalui lampu berwarna merah yang berkedip di atas cartridge yang kehabisan tinta.

Printer inkjet A3 Canon Pixma Pro 1 juga dirancang untuk menangani kertas tebal yang berat dengan ukuran maksimal kertas 350 gram sehingga pengguna printer dapat lebih nyaman melakukan cetak gambar pada kertas tebal. Dengan sistem tinta yang ada, Canon mengklaim bahwa Pixma Pro-1 mampu mencetak foto dengan reproduksi warna yang sangat akurat (khususnya untuk warna kulit), warna hitam yang lebih kuat, dan saturasi warna yang lebih baik. Hasil cetak foto hitam putih juga dapat lebih maksimal dengan gradasi warna dari warna hitam ke putih yang lebih sempurna pada area hitam, highlights, dan shadow. Terdapat fitur borderless printing yang mampu mencetak tanpa tepi di media kertas ukuran A3+, A3, A4, Letter, 36 x 43cm, 25 x 30cm, 20 x 25cm, 13 x 18cm, dan 10 x 15cm. Printer ini memiliki papar tray yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Terdapat Direct Print Port via PictBridge di bagian depan printer yang dapat membantu mencetak langsung dari smartphone ataupun kamera digital terutama dengan camera Canon yang terkenal dengan EOS Seriesnya.

Bagi pengguna awam tidak perlu pusing menggunakan printer profesional ini. Canon telah menyediakan mode PRO yang berguna sebagai parameter untuk menyesuaikan tingkat warna di monitor dengan warna pada printer. Dengan begitu, pemula yang belum terbiasa melakukan kalibrasi warna tetap dapat menghasilkan cetakan foto berkualitas tinggi dengan warna yang akurat. Selain itu berbagai software bawaan juga bisa dimanfaatkan untuk management file dan juga editing gambar dengan mudah seperti Easy-PhotoPrint EX with HD Movie Print , Easy-PhotoPrint Pro, Solution Menu EX,  Colour Management Tool Pro dan lain-lain yang akan membantu user dalam penggunaan Canon Pixma Pro-1. Printer ini dibanderol dengan harga hampir 10 juta rupiah dan masih dijual secara terbatas dengan sistem indent atau pemesanan. Bagi Anda fotografer sejati cocok untuk menggunakan printer ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi para konsumen rumahan yang ingin mencoba menggunakan printer photo di kelas high end ini.

No comments:

Stay Connected