Brother HL-5450DN Review


Brother HL-5450DN mulai beredar secara resmi di Indonesia tahun 2013 ini. Produk ini merupakan salah satu produk printer unggulan Brother di kelas entry level printer laser monokrom. Printer ini merupakan penerus Brother HL-5350DN yang cukup sukses di pasaran. Printer ini mengutamakan kecepatan dan efisiensi, dimana memiliki kecepatan tinggi dan duty cycle tinggi dalam mencetak. Bentuk printer yang tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SMB (Small-Medium Business). Desain fisiknya yang compact & simple , membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Control panelnya terletak di bagian atas printer dan terlihat sangat sederhana. Terdapat lampu indikator LED pada bagian atas printer ini. Dengan processor 400 Mhz dan berat printer 10,6 kg, Brother HL-5350DN memiliki ukuran dimensi fisik 371 x 384 x 245 mm. Duty cycle nya mampu hingga 30.000 halaman perbulan.

Printer laser monokrom Brother HL-5450DN membutuhkan sekitar 8,5 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Printer ini mampu mencetak dengan kecepatan hingga 35 ppm atau sebanyak 35 halaman per menit. Resolusi cetaknya mampu mencapai 1200 x 1200 dpi berkat teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4.  Fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (auto duplex) tidak lupa dibenamkan dalam printer laser ini. Dengan fitur auto duplex printing, printer ini diperkirakan dapat mencetak sekitar 15 lembar sekaligus dalam satu menit. Printer laser monokrom Brother HL-5450DN memiliki paper tray dengan kapasitas maksimal hingga 250 lembar kertas dan terdapat optional paper tray yang dijual terpisah dengan kapasitas 500 lembar kertas. 


Printer laser ini sudah didukung konektivitas jaringan Ethernet (10Base-T/100Base-TX) untuk penggunaan kelompok kerja kecil.  Brother HL-5450DN menggunakan cartridge toner seri TN-3320, sedangkan drum unitnya menggunakan seri DR-3330. Penggunaan tonernya mampu mencapai 3.000 halaman per toner cartridge. Printer ini menggunakan super high yield cartridge toner TN-3330 dengan page yields hingga 8.000 halaman. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 25.000 halaman.
 
Saat melakukan pencetakkan, printer ini tidak mengeluarkan suara yang mengganggu, bahkan kemudahan pengoperasian menjadikan faktor utama dalam mengedepankan fungsi sebagai alat cetak. User dapat menaruh cukup banyak kertas, hingga 250 lembar, sehingga memudahkan pencetakkan dalam jumlah yang tidak sedikit. Printer ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya. Dalam driver printernya terdapat aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk penghematan cetak dan pengaturan operasional printer seperti fitur Poster Printing, Watermark Printing, Booklet Printing, dan Secure Printing.

Printer ini cocok digunakan untuk small dan medium enterprise, UKM,  serta instansi yang memiliki kebutuhan cukup tinggi dalam mencetak dokumen monokrom. Meski tergolong cukup berat, printer ini masih terlihat compact ukurannya di jajaran printer laser di kelasnya. Sehingga masih cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan kantor yang kecil maupun besar. Semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user.

Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik

No comments:

Powered by Blogger.