Sunday, April 14, 2013

HP Laserjet Pro Color 200 M275NW

Printer laser multifungsi sepertinya sudah menjadi pemandangan umum di kantor-kantor perusahaan besar maupun instansi. Bahkan di kalangan rumahan ada juga yang menggunakannya. Namun, lain ceritanya jika printer laser multifungsi tersebut mampu scan obyek 3 dimensi. Berarti penggunanya memang memiliki kebutuhan khusus dengan menggunakan printer tersebut. Salah satunya adalah HP Laserjet Pro Color 200 M275NW atau biasa juga disebut HP TopShot Laserjet Pro M275. Tidak banyak printer laser multifungsi dengan fitur scanner 3D, di Indonesia, bahkan mungkin baru HP TopShot Laserjet Pro M275 yang pertama di Indonesia. Printer ini diperkenalkan di Indonesia pertengahan tahun lalu yang ditujukan untuk para instansi atau perusahaan dengan yang memiliki creative division, yang membutuhkan printer laser dengan hasil cetak yang baik dan scanner yang dapat memindai obyek 3D. Namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan kalangan personal dan rumahan. 

Printer Laserjet Pro Color 200 M275NWdilengkapi fitur print, scan, dan copy ini menggunakan ARM 11 embedded processor 600 Mhz dengan memori 128 mb. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun printer laser ini tidak terlihat terlalu besar untuk ukuran printer laser warna multifungsi dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 20.000 halaman kertas. Printer ini masih terlihat cocok di tempatkan di berbagai sudut meja di ruangan yang kecil maupun besar. Bentuk fisik printer M275 juga terbilang unik, karena terdapat layar berukuran 3,5 inci di perangkat ini. Fungsinya selain sebagai preview document, juga berguna untuk melakukan browsing. Sehingga ketika pengguna menemukan file yang menarik di internet, bisa langsung mencetaknya.


Di kiri bawah terdapat layar sentuh warna berukuran 89mm, dengan tombol sentuh didedikasikan pada kedua sisi, untuk memudahkan navigasi menu pada Printer. Jika kita melihat bagian belakang Printer terdapat port USB 2.0 dan Ethernet. Printer multifungsi ini memiliki dimensi fisik 468 x 470 x 495 mm dan memiliki berat 18,3 kg. Printer HP Laserjet Pro 200 Color M275NW sudah di lengkapi wireless nirkabel, hanya dengan menekan tombol set-up, HP telah menyediakan protokol ePrint dan AirPrint ke dalam printer ini, sehingga dapat dikonfigurasi dengan cepat untuk mencetak dari Internet dan langsung dari perangkat Apple. Fungsi cetak pada HP Laserjet Pro 200 Color M275NW mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan 14 halaman per menit dengan mode kertas A4 dan 4 halaman permenit untuk dokumen warna, dengan resolusi cetak up to 1200 x 1200 dpi berkat teknologi HP ImageREt 2400  dan HP Color Sphere toner technology. Sayangnya belum terdapat auto duplex printing pada printer ini, masih manual duplex printing.

Printer laser multifungsi yang dibanderol dengan harga resmi empat jutaan ini, juga dilengkapi fitur copy dengan kecepatan meng-copy hingga 17 cpm (copy per minute) untuk format monokrom dan 4 cpm untuk copy warna dengan resolusi hingga 300 x 300 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Paper tray atau tempat kertas pada printer HP Laserjet Pro 200 Color M275NW ini dapat diisi dengan 150 lembar kertas.

Fitur utama dari printer Laser ini adalah scanner, yang benar-benar seperti sebuah kamera digital. Kebanyakan flatbed scanner memiliki panjang area yang hanya bisa di gunakan untuk pemindaian dokumen kertas, tetapi printer ini dapat men-scan objek benda sampai 150 mm tinggi nya. Alat Pemindai nya terlihat berbeda dari model scanner pada umumnya, Bentuk scanner ini adalah sebuah kamera 8 Mega Pixel dengan lampu LED flash pada kedua sisi,  terpasang pada bentuk lengan yang bisa dilipat yang duduk sekitar 200mm di atas baki pemindai dalam bentuk plastik dasar warna putih yang dapat di lepas ketika Anda ingin mengganti cartridge toner printer laser ini.

HP memperkenalkan inovasi TopShot Scanning untuk memindai objek secara 3D. Dengan teknologi ini, pengguna dapat dengan mudah memindai objek 3D secara cepat dan terang selayaknya difoto oleh fotografer profesional. Misalnya, apabila Anda seorang pengusaha perhiasan yang membutuhkan gambar terang dan jelas objek secara 3D, pemindai yang ada di printer ini dapat menjadi pilihan. Jadi pengguna tinggal meletakkan kalung di atas tempat pemindai dan mesin akan memindai secara otomatis, kemudian gambar kalung hasil pemindai langsung dicetak atau bisa diproses untuk diupload di media internet maupun toko online yang dikelola. Pengguna jadi tidak perlu ke studio untuk memindai secara 3D.



Ketika Anda memindai, perangkat lunak  dalam printer ini menggabungkan gambar dari enam tembakan (TopShot) yang berbeda, tiga gambar menggunakan Flash dan tiga gambar tanpa Flash yang bertujuan untuk menghilangkan bayangan dan menghasilkan gambar yang relatif bersih pada latar belakang putih. Hal ini sangat baik untuk pengambilan  gambar produk, selama ukuran produk cukup kecil dan warna nya tidak terlalu mengkilap. Jika warna produk objek mengkilap, alat scanner pemindai ini akan mengalami kesulitan menangkap image secara detail, selain itu ada juga batasan pada ukuran ketinggian objek yang dapat discan, karena akan menghasilkan distorsi pada image scan karena ada bagian yang tidak proporsional dan terlalu dekat ke kamera.

HP Laserjet Pro Color 200 M275NW ini menggunakan engine yang sama dengan HP Laserjet Pro 100 Color M175, dengan hasil kecepatan cetak dan kualitas cetak teks dan grafis yang setara. Hasil cetak terlihat tajam dan bersih pada dokumen teks hitam dan warna, untuk penggunaan kerja kantor sehari-hari printer ini cukup membantu produktivitas kerja. Printer laser warna HP Laserjet Pro Color 200 M275NW dapat menggunakan cartridge toner 4 warna seperti toner cartridge ORIMAX MX-CE310A, MX-CE311A, MX-CE312A, dan MX-CE313A. Dengan penggantian toner cartridge secara teratur dengan ORIMAX maka hasil cetak tetap stabil, aman bagi printer laser, dan printer laser tetap awet.  
  • ORIMAX MX-CE310A Black dengan page yield 1.200 halaman
  • ORIMAX MX-CE311A Cyan dengan page yield 1.000 halaman
  • ORIMAX MX-CE312A Magenta dengan page yield 1.000 halaman
  • ORIMAX MX-CE313A Yellow dengan page yield 1.000 halaman

No comments:

Stay Connected