Tuesday, June 25, 2013

Canon Pixma iP3680 Review


Satu lagi printer inkjet dari Canon yang beredar di Indonesia yaitu Canon Pixma iP3680. Printer ini merupakan salah satu printer inkjet warna unggulan dari Canon. Printer ini hanya memiliki fitur utama untuk mencetak atau printer single function.  . Printer Canon Pixma iP3680 memang di desain khusus dengan fungsi utama mencetak. Dengan bentuk compact dan desain bodi yang elegan dengan balutan warna hitam dan silver yang cukup elegan,  printer ini memang ditujukan untuk pengguna printer rumahan, mahasiswa, dan juga kantoran yang menginginkan produktifitas cetak tinggi dengan hasil cetak warna yang optimal. Dengan dimensi fisik 431 x 296 x 153 mm dan berat 5,6 kg printer ini mudah ditempatkan di berbagai sudut meja maupun ruangan. Konsumsi listriknya pun terbilang cukup irit, hanya sekitar 16 watt ketika proses printing, 1,6 watt dalam kondisi stand by dan 0,5 watt dalam sleep mode. 


Terdapat paper output tray sensor pada printer ini, yang akan aktif secara otomatis membuka cover printer bagian depan jika pengguna printer lupa membuka cover printer padahal sudah melakukan perintah printing pada printer. Yang cukup unik, Printer Canon Pixma iP3680 memiliki dua paper tray feeding way. Kertas yang akan di print dapat diletakkan di bagian atas printer (rear tray) atau bisa juga diletakkan di cassette tray paper yang berada di bagian bawah printer. Masing-masing paper tray tersebut mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Selain itu, printer ini menggunakan 5 buah individual cartridge yang menggunakan tinta jenis dye based ink untuk 4 buah cartridge nya (CMYK) dan 1 buah cartridge tinta black dengan kapasitas yang lebih besar dengan menggunakan cartridge tinta jenis pigment ink. Canon mengklaim menggunakan teknologi hybrid system dalam cartridge-nya dengan menggabungkan jenis tinta pigment untuk cartridge Black dan jenis tinta dye untuk cartridge warnanya, yang diklaim Canon mampu memberikan kualitas cetak yang lebih tajam.

Printer single function ini menggunakan seri cartridge Canon PG-820BK untuk cartridge hitam berbasis pigment ink dan  cartridge Canon PG-821BK,  PG-821C, PG-821M, dan PG-821Y untuk cartridge  tinta warnanya berbasis dye ink. Hasil cetak fotonya cukup bagus dan tidak terlalu mengecewakan untuk hasil cetak printer inkjet. Canon iP3680 memiliki resolusi cetak hingga 9600 x 2400 dpi. Printer ini mampu mencetak dengan media kertas ukuran A4, Letter, Legal, A5, B5, Envelopes (DL, COM10), 4 x 6", 5 x 7", dan 8 x 10. Bahkan dapat mencetak tanpa tepi (borderless) dengan kertas ukuran 4 x 6" (4R), 8 x 10", dan A4. Ditambah dengan teknologi ChromaLife100+, Canon mengklaim hasil cetak photo printernya mampu bertahan lebih dari 100 tahun.


Kecepatan cetaknya mampu mencapai 26 ppm atau 26 halaman per menit untuk dokumen monokrom dengan mode draft A4 sedangkan untuk mencetak dokumen warna dengan mode draft A4 hingga 17 halaman per menit. Untuk mencetak photo dengan media kertas 4R, Canon iP3680 membutuhkan waktu sekitar 45 detik.  Printer yang dibanderol dengan harga resmi di bawah satu juta rupiah ini, juga dilengkapi PictBridge untuk menghubungkan langsung dengan kamera digital yang memiliki konektivitas PictBridge sehingga semakin mudah dalam pencetakan foto dari kamera digital. Printer ini juga dilengkapi berbagai aplikasi olah foto yang tergabung dalam Canon PhotoPrint EX yang akan membantu penggunanya dalam mengolah foto atau gambar yang akan dicetak dengan printer ini. Dapatkan berbagai macam printer inkjet dengan harga terjangkau dengan penawaran spesial serta pemasangan sistem infusnya jika memang Anda menginginkan hanya di outlet-outlet Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik.”

No comments:

Stay Connected