Brother MFC-1810

Brother Indonesia meluncurkan beberapa printer laser terbarunya belum lama ini di Indonesia. Keempat printer laser tersebuat dibanderol dengan harga di bawah dua juta rupiah yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan serta SOHO (small office home office). Brother MFC 1810 merupakan salah satu perangkat printer multifungsi dari Brother yang belum lama ini diluncurkan bersama 3 seri printer laser monokrom Brother yang. Printer laser multifungsi monokrom ini dilengkapi dengan fitur print, scan, copy, dan fax.  Ukuran printer ini cukup compact untuk menghemat ruang dengan solusi pencetakan yang profesional bagi kantor Anda dengan desain Brother MFC 1810 yang kompak dan bergaya. Ukuran dimensi fisiknya 385 x 340 x 283 mmsedangkan untuk berat printer ini sekitar 8,2 kg. Terdapat LCD dua line dengan 16 karakter pada bagian depan printer untuk menginformasikan kinerja printer secara umum. Pada bagian atas printer terdapat ADF atau Auto Document Feeder yang terlihat menyatu dengn printer yang akan membantu proses scan, fax, dan copy dengan printer Brother MFC 1810.  ADF ini dapat menangani kertas dengan ukuran 216 x 356 mm (8.5" x 14"). 



Printer laser monokrom Brother MFC 1810 membutuhkan sekitar 10 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Printer ini mampu mencetak dengan kecepatan hingga 20 ppm atau sebanyak 20 halaman per menit dengan kertas mode letter dan 21 ppm dengan kertas mode A4. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi berkat teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4. Sayangnya fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (auto duplex) belum dibenamkan dalam printer laser ini, masih manual duplex.

Fitur scan pada printer laser multifungsi monokrom ini pun semakin membantu para pengguna printer ini dalam kebutuhan pemindaian dokumen. Fitur scan pada Brother MFC 1810 memiliki resolusi scan hingga 600 x 1200 dpi, dengan kecepatan memindai sekitar 10 detik per halaman atau 6 halaman per menit untuk file black & white serta sekitar 3 halaman per menit untuk memindai file colour atau berwarna. Scan dapat dilakukan dengan ADF (Auto Document Feeder) atau langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed dan kertas ukuran folio dengan ADF yang dimiliki.


Printer laser multifungsi yang dibanderol dengan harga hampir dua juta ini, juga dilengkapi fitur copy dengan kecepatan meng-copy hingga 20 cpm (copy per minute) dengan resolusi hingga 600 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Terdapat (Auto Document Feeder) pada bagian atas printer yang mampu menampung hingga 10 lembar kertas. Sedangkan fitur fax Brother MFC 1810 masih terbilang cukup standar, dapat menerima dan mengirim fax meskipun hanya bisa dioperasikan dengan OS Windows. Perangkat fax printer ini mampu mencapai kecepatan fax hingga 14,4 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 sekitar 5-10 detik. Meskipun tetap saja masih lebih mudah penggunaanya jika kita menggunakan mesin telepon dan fax standar.

Printer baru Brother ini sudah mengadopsi teknologi baru untuk mencegah paper jam. Beberapa di antaranya adalah penggunaan paper guide yang lebih panjang, adanya sistem dual roller dengan bahan antidebu serta jalur kertas yang lebih pendek yakni 220 mm. Anda hampir tak akan menemukan kejadian kertas tersangkut roller printer atau pun kerjadian kertas yang terlipat akibat panas dalam printer dengan ditanamkannya anti-curl roller yang mencegah kejadian kertas yang "mengkriting" setelah proses pencetakan. Sistem duel-roller dengan kaet khusus ini akan mengambil dan memisahkan kertas dengan lebih efisien. Paper tray-nya dibuat khusus untuk mengurangi kemiringan kertas. Paper tray-nya mampi menampung higga 150 lembar kertas. 

Brother MFC 1810 menggunakan jenis cartridge toner yang terpisah antara toner dan drum unitnya, sehingga harga consumable tonernya akan semakin terjangkau. Standar tonernya memiliki page yield hingga 1000 halaman dengan standard 5% coverage area cetak monokrom. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 10.000 halaman, artinya paling tidak drum unitnya akan diganti setelah 10 kali tonernya diganti. Printer ini sudah dilengkapi toner save mode sehingga semakin menghemat penggunaan toner nya dan meningkatkan produktifitas cetak. Printer ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya. Dalam driver printernya terdapat aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk penghematan cetak dan pengaturan operasional printer seperti fitur Poster Printing, Watermark Printing, Booklet Printing, dan N-up Printing. Produk ini mulai tersedia di pasaran Indonesia akhir tahun ini. Namun pilihan untuk membeli printer ini semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user.

Kita tunggu kedatangan resmi printer laser ini di outlet-outlet Aston Printer yang merupakan master dealer dan servis center resmi printer Brother.

Aston Printer : Selalu Memberikan Yang Terbaik

No comments:

Powered by Blogger.