Friday, April 25, 2014

Canon PIXMA iP2870


Belum lama ini Canon memperkenalkan jajaran printer inkjet terbarunya yang akan secara bertahap masuk ke pasar printer inkjet di Indonesia. Salah satunya adalah Canon PIXMA iP2870. Melihat seri, bentuk, harga dan spesifikasi yang dibawa, printer ini kemungkinan besar adalah penerus Canon PIXMA iP2770 yang sangat sukses di market printer inkjet di kelas entry level dan sudah cukup lama beredar di tanah air. Printer PIXMA iP2870 akan dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak berbeda jauh dengan iP2770 yaitu dikisaran harga lima ratus ribuan rupiah dan kemungkinan besar akan menjadi printer inkjet paling murah yang dijual Canon di Indonesia. Printer ini cocok digunakan bagi konsumen yang kebutuhan cetaknya tidak terlalu tinggi, untuk kebutuhan cetak dokumen hitam, berwarna, dan catak kualitas photo rumahan dengan ukuran kertas sekitar A4.


Printer inkjet warna Canon Pixma iP2870 memang jenis printer inkjet single function yaitu memang didesain khusus dengan fungsi utama mencetak. Dengan bentuk compact dan desain bodi yang cukup elegan dengan balutan warna putih, printer ini memang ditujukan untuk pengguna printer rumahan, mahasiswa, dan juga kantoran yang menginginkan produktifitas cetak tidak terlalu tinggi. Dengan dimensi fisik 426 x 235 x 134 mm dan berat 2,3 kg printer ini mudah ditempatkan di berbagai sudut meja maupun ruangan dan terasa sangat ringan. Konsumsi listriknya pun terbilang cukup irit, hanya sekitar 8 watt ketika proses printing, dan 0,5 watt dalam sleep mode. 

Fitur Auto Power ON juga menambah kemampuan efisiensi printer terbaru Canon ini. Dengan menyalakan fitur tersebut, printer akan otomatis menyala ketika ada kiriman perintah mencetak dari komputer. Sebagai pelengkap kenyamanan bekerja, printer ini juga memiliki fitur Quite Mode untuk menghaluskan suara printer dan tidak berisik ketika digunakan secara aktif. Canon pun menyertakan berbagai software bawaan yang bisa digunakan untuk membantu dalam pengolahan gambar dan setting printer sebelum mencetak jenis gambar yang ingin di print. Aplikasi yang disematkan dalam Canon iP2870 adalah fitur My Image Garden yang merupakan fitur yang dirancang untuk memberikan keleluasaan berkreasi para pengguna dalam mengatur foto yang akan dicetak.


Aplikasi ini terintegrasi dengan seluruh fungsi printer dalam satu kesatuan serta bekerja secara sederhana. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan proses memindai atau mencetak yang terintegrasi dengan aplikasi Creative Park Premium, dan Pixma Town. Aplikasi My Image Garden juga memberi keleluasaan pengguna untuk mengolah dan mengatur foto dengan menyenangkan. Mereka juga dapat dengan mudah mengatur dan mengelompokan foto-fotonya berdasarkan event, tanggal atau orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga. Setelah foto tersebut dikelompokan akan menjadi sangat mudah mengeluarkannya kembali, menatanya, serta mencetaknya ke dalam fitur kreatif seperti dalam bentuk kalender, kartu, atau berupa kolase.

Canon iP2870 memiliki resolusi cetak hingga 4800 x 1200 dpi. Printer ini mampu mencetak dengan media kertas ukuran A4, A5, B5, LTR, LGL, 4 x 6", 5 x 7", Envelopes (DL, COM10), Custom size (width 101.6mm - 215.9mm, length 152.4mm - 676mm) dan sudaf dapat mencetak tanpa tepi (borderless) dengan kertas ukuran 4 x 6" (4R). Canon menggunakan teknologi hybrid system dalam cartridge-nya dengan menggabungkan jenis tinta pigment untuk cartridge Black dan jenis tinta dye untuk cartridge warnanya, yang diklaim Canon mampu memberikan kualitas cetak yang lebih tajam dengan menggunakan seri cartridge Canon PG-745 untuk  hitam dan  cartridge Canon CL-746 untuk tinta warnanya. Terdapat seri XL atau Xtra Large untuk kebutuhan cetak yang lebih banyak. Seri cartridgenya sama dengan yang digunakan Canon PIXMA MG2470 dan Canon PIXMA MG2570 yang sudah terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia.


Printer ini memiliki kecepatan kerja yang cukup standar. Kecepatan cetak Canon IP2870 untuk mencetak dokumen hitam putih adalah 8 ipm (image per minutes) ISO dan 4 ipm ISO untuk dokumen berwarna. Untuk mencetak photo dengan media kertas 4R, Canon iP2870 membutuhkan waktu sekitar 50 detik. Printer inkjet ini kemungkian besar akan bisa dipasang CISS atau infus sistem bagi pengguna dengan kebutuhan cetak yang cukup tinggi serta untuk mempermudah user dalam melakukan isi ulang tinta. Jika nanti sudah beredar secara resmi, seri printer ini bisa didapatkan dengan di outlet-outlet Aston Printer Indonesia : "Selalu Memberikan Yang Terbaik.”

8 comments:

erwin said...

Tanya gan,utk printer ini bisakah cetak foto glossy ukuran A4 full dgn kualitas high?

Asis Hananto said...

ni printer not recoomended buat print photo. setting "photo paper" size a4 slalu kode error 4102. max print photo cma 4x6 n 5x7 inch

green goblin said...

ane udah tanya ama penjual nih printer ternyata kelemahannya tidak bisa dipasang infus..

harto rindyholic said...

sss.blom ada resetternya...:v....

Aris Budianto said...

Ane udah berhasil nginfus ip2870 kok..n' berjalan normal tak ada kendala

Lena Hayani said...

bagaimana cara isi ulang catridge nya , susah sekali buat lubang untuk injeknya...., mohon info

Adeputri Neta said...

Pakai jarum di panasin pakai lilin baru tusuk perlahan agar gak tembus ke sisi bawah

Adeputri Neta said...

Pakai jarum di panasin pakai lilin baru tusuk perlahan agar gak tembus ke sisi bawah

Stay Connected