Saturday, May 3, 2014

Epson L120

Printer inkjet Epson L120 merupakan salah satu printer Epson L Series yang belum lama ini diluncurkan oleh Epson di Indonesia. Printer ini diluncurkan resmi akhir April yang lalu bersama dengan Epson L1300, L1800, dan L555, untuk memperlengkap varian printer Epson L Series yang sudah beredar di Indonesia. Printer Epson L120 memang terbilang cukup simple dan terlihat cukup handal. Printer inkjer Epson L120 ini memiliki desain yang terbilang minimalis karena merupakan printer inkjet single function A4 warna (print only). Sepertinya Epson L120 akan menjadi penerus dari Epson L110 yang cukup sukses di pasaran.



Printer dengan berat 2,4 kg ini memiliki dimensi fisik 461  x 215 x 130 mm. Desain fisiknya secara umum tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yaitu Epson L110 yang cukup elegan, dengan body berwarna hitam dengan perpaduan glossy & doff menjadi pencitraan sendiri bagi printer inkjet warna ini. Masih sama dengan pendahulunya, Epson L120 dilengkapi CISS (Continues Ink Supply System) dengan ink tank infus original Epson yang menempel dibagian samping printer Epson yang sudah menjadi ciri khas Epson L Series. Namun Epson L120 menggunakan model ink tank yang berbeda dengan seri Epson L 110. Pada ink tanknya tidak terdapat transportation lock removal atau choke valve. Pihak Epson beralasan pada generasi sebelumnya kalau (printer) mau dipindahkan, harus dikunci. Tapi pengguna terkadang suka lupa. Sehingga waktu mau cetak keluarnya putih seperti clogging. Meskipun ditiadakan, Epson mengklaim bahwa printer L120 tidak menjadi cepat bocor.

Dengan printer Epson L120 ini, footprint 5% lebih kecil, tapi kecepatan 1,4x dibandingkan pendahulunya, L110. Jika Epson L110 mampu mencapai 6 ipm (image per minute), sedangkan Epson L120 kecepatan printing yang mampu di capai printer inkjet ini adalah 8,5 ipm (image per minute) untuk cetak dengan black & white mode dan untuk cetak berwarna A4 dengan mampu mencapai 4,5 ipm. Kualitas cetak yang dimiliki adalah sebesar 720 x 720 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology) sebagai pendukung tingkat hasil cetak yang maksimal epson memberikan teknologi Micro Piezo sebagai kepala cetak dalam mesin printer inkjet ini.


Printer dengan bandrol dengan harga resmi sekitar satu juta enam ratus ribu rupiah ini memiliki tempat kertas yang berada di bagian atas printer dengan posisi portrait mampu menampung hingga 50 kertas A4 75 gram. Konsumsi listriknya terbilang cukup irit hanya sekitar 10 watt ketika proses cetak, dan 0,3 watt dalam sleep mode. Printer ini ditujukan bagi pengguna personal, rumahan, dan small atau home office. Namun, sayangnya untuk mencetak di media kertas photo yang cukup tebal, printer ini tidak direkomendasikan, tidak seperti pendahulunya Epson L110.  

Untuk mencetak, Epson L120 menggunakan empat warna tinta (cyan, yellow, magenta, black). Resolusi cetak maksimal yang bisa dihasilkannya 720×720 dpi (dengan teknologi Variable Sized Droplet). Terdapat tinta original Epson pada paket penjualannya dengan kapasitas botol tinta bawaan Epson 120 ini 40ml. Namun, jika sudah habis atau untuk aftermarket, bisa menggunakan tinta original Epson yang kapasitasnya 70ml. Jika sudah mulai tersedia,  Epson L120 bisa didapatkan di outlet-outlet Aston Printer terdekat di kota Anda. Untuk seri Epson L Series lainnya pun bisa Anda mendapat atau memesan  di Aston Printer. Jangan ragu untuk bertanya kepada customer service kami untuk printer yang cocok dengan kebutuhan dan budget Anda. Aston Printer : Selalu Memberikan Yang Terbaik. 

2 comments:

Aris Harnawan said...

sangat setuju. saya menggunakan printer ini untuk home industri. kendalanya memang ketika cetak di kertas agak tebal (like BC) lumayan susah. tapi hasil jadinya memuaskan dengan tinta original.

http://klikdesainvisual.blogspot.com/

test said...

indocutter ltd

Stay Connected