Monday, January 28, 2013

Mengenal Istilah-Istilah Pada Printer Inkjet

Printer inkjet dipakai oleh sebagian besar pengguna printer di tanah air dan jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun. Semakin banyak penggunaanya pada tingkat personal dan rumahan. Sehingga pengetahuan dasar mengenai printer menjadi suatu kebutuhan yang paling tidak harus diketahui penggunanya secara umum. Dalam printer ada beberapa istilah yang harus kita ketahui.  Dengan mengetahui arti dan maksud suatu istilah, maka kita akan mengerti maksud dari sebuah perkataan atau tulisan yang kita baca. Jika kita mengerti, maka akan mempermudah kita dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Langsung saja ya,berikut beberapa istilah dalam dunia printer yang harus kita ketahui  (Sebagai ilustrasi gambar kami contohkan printer EPSON, Canon, Brother dan HP) :

1. Printer : Perangkat yang digunakan untuk mencetak dengan menggunakan dengan tinta atau toner ke dalam media kertas atau banner.

2. Cartridge : salah satu bagian dari perangkat printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur dan tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak
Gambar 2. Epson Cartridge
Gambar 3. Canon Cartridge
Gambar 4. HP Cartridge
Gambar 5. Toner Cartridge untuk printer laser

3. Rumah Cartridge (Carriage Unit)
Merupakan tempat untuk meletakkan/mendudukkan cartridge dalam printer
Gambar 6. Rumah Cartridge Canon
Gambar 7. Rumah Cartridge Epson

4. Head
Salah satu bagian dari cartridge yang berfungsi untuk tempat keluarnya tinta/toner
Gambar 8. Head Printer Epson

5. Chip
Bagian dari cartridge yang berfungsi untuk menghubungkan catridge dengan mainboard printer.
Gambar 9. Chip Printer Epson

6. Ink Tank (Tabung Tinta)
Merupakan salah satu bagian dari cartridge yang berfungsi menyimpan sementar  tinta.
Gambar 10. Ink Tank Epson dan  Canon Type tertentu
Gambar 11. Ink Tank Brother
Gambar 12. Bagian – Bagian Ink Tank

7. Selang
Bagian dari sistem infus yang berfungsi sebagai saluran mengalirnya tinta dari tabung tinta menuju tempat penyimpanan sementar tinta di cartridge(Ink Tank)
Gambar 13. Selang

8. Infus Printer
Modifikasi atau model printer yang menggunakan media tabung infus sebagai penyimpanan tinta, dan dengan infus ini refill(isi ulang tinta) tidak perlu lagi di siikan langsung ke cartridge

9. Tinta
Bagian dari sistem printer berupa zat cair yang digunakan untuk membuat cetakan kertas/banner menjadi berwarna. Tinta ini terdiri dari 4 atau warna kombinasi. Kalau 4 kombinasi warna C,M,Y,K kalau 6 kombinasi.
Add an Image
Gambar 14. Tinta 4 Kombinasi
Gambar 15. Tinta 6 Kombinasi
10. Roll
Bagian dari printer yang berfungsi untuk mengatur dan meluncurkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak
Gambar 16. Roll

11. Sensor roll
Merupakan sensor yang berfungsi mendeteksi ada tidaknya kertas, dan mendeteksi posisi kertas yang akan digunakan untuk mencetak

12. Mainboard
Salah satu bagian penting printer yang berfungsi mengatur/menjembatani antara driver(software) dan perangkat keras komputer lain seperti cartridge,sensor, dll
Gambar 17. MainBoard Printer Epson LQ-2180

13. Lampu
Bagian dari printer yang berfungsi sebagai indikator printer nyala dan indikator normal tidaknya printer. Standart printer biasa, lampu ini terdiri dari 2 jenis, lampu indikator power dan reset terdiri dari :
Gambar 18. Lampu Power dan Reset Printer

14. Tombol Power : Tombol untuk menyalakan dan mematikan printer
 
15. Tombol Reset : Tombol untuk melakukan reset printer ketika terjadi masalah
 
16. Scaner : Salah satu bagian dari kelengkapan fitur printer yang berfungsi mengscan/membaca gambar yang sudah di cetak menjadi file gambar atau dicetak ulang.
 
17. Paper Tray : Tempat meletakkan kertas sebelum dan setelah  melakukan cetak. paper sebelum kertas di cetak di sebut paper tray input, sedangkan paper tray setelah kertas di cetak disebut paper tray output.
Gambar 19. Paper Tray Input Canon
Gambar 20. Paper Tray Ouput HP
Gambar 21. Paper Tray Input dan output Brother
Gambar 22. Paper Tray Ouput Epson

18. CISS (Continues Ink Supply System) : Sistem Infus Printer  yang membantu untuk memudahkan bagi user printer yang memiliki kebutuhan cetak yang tinggi dan menginginkan kemudahan dalam pengisian tinta printer.
19. Timming Belt : Adalah bagian dari printer yang berfungsi untuk menarik cartridge/alat scaner ke kanan dan ke kiri untuk ketika proses mencetak atau mengscan
Gambar 23. Timming Belt

20. Pembuangan Tinta : Tempat pembuangan tinta yang merupakan hasil dari proses cetak
Gambar 24. Pembuangan Tinta Canon IP2770

21. Driver : Salah satu bagian penting dari printer yang menghubungkan komputer dengan printer

Sumber : astonprintermalang.com
 

No comments:

Stay Connected