Sunday, January 27, 2013

Apa Itu ePrint ?

E-Print adalah suatu teknologi terbaru dalam alat printer untuk memudahkan mencetak suatu dokumen yang dapat dilakukan tidak hanya dengan menggunakan komputer, tetapi dapat dilakukan dari berbagai macam device seperti perangkat mobile dan dapat dilakukan dari mana saja tak terbatas jarak yang memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat mencetak langsung ke Printer dengan mengirimkan sebuah email ke alamat email dari printer tersebut melalui layanan komputasi awan (cloud storage).  Teknologi ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Hawlett Packard (HP). Dengan menggunakan ePrint, Anda dapat mencetak dokumen di mana saja, meskipun anda berada di kota ataupun negara yang berbeda, berbeda dengan wireless yang hanya bisa dilakukan pada ruang lingkup tertentu, misalkan di dalam gedung A, sehingga hanya orang-orang yang berada dalam gedung A tersebut yang dapat menggunakan printer. Teknologi ini terus berkembang, bahkan ePrint sendiri kiniterdiri dari sekitar 6 fitur dan layanan turunan, di antaranya adalah HP ePrint via email, HP ePrint Public Printing Locations, HP ePrint Enterprise, HP ePrint Wireless Direct Printing, Apple AirPrint, HP ePrint Mobile apps serta HP ePrint Software dan bisa terus bertambah seiring kemajuan teknologi.

ePrint sangat mudah di gunakan. Apabila anda bisa menggunakan email, Anda dapat menggunakan ePrint. EPrint memberikan kemudahan mencetak dari Smart Phone atau Komputer tanpa harus meng-install printer driver atau aplikasi apapun. Anda dapat menggunakan ePrint sembari Anda duduk di sofa atau di depan komputer atau dari cafe di negara seberang. Selama Anda dapat mengirim email ke Printer yang bisa  mensupport ePrint, Anda dapat mencetak. Standar teknologi ini kemudian disuntikkan kepada beberapa printer khusus yang disebut sebagai HP ePrint-capable Printer. Anda bisa dengan mudah mengnali apakah sebuah printer HP mendukung ePrint atau tidak. Baik dari spesifikasi produk, maupun dari logo yang ada di bodi printer.

Dengan ePrint banya keuntungan yang bisa kita dapatkan seperti mencetak suatu dokumen bisa dilakukan dari mana saja, asalkan terkoneksi dengan internet, mencetak dokumen dapat dilakukan tidak hanya menggunakan komputer, tetapi juga dengan menggunakan perangkat mobile, mencetak suatu dokumen hanya dengan mengirim email, hemat energi dan efisien. Di dalam e-print ada software khusus untuk melihat history pemakaian printer, sehingga dapat diketahui siapa saja pengguna printer. Anda bisa langsung mencetak file dokumen dalam lampiran (attachment) email di sebuah printer tertentu. Printer-printer ini memiliki alamat email yang menjamin keamanan file, sehingga hanya Anda dan orang-orang tertentu yang tahu alamat emailnya yang bisa mencetak file di printer tersebut. Sebagai contoh: Anda memiliki printer di ruang kerja Anda. Saat Anda terlambat atau berhalangan hadi karena sebuah urusan, Anda tetap bisa membagi laporan bulanan atau nota dinas untuk seseorang darimana pun Anda berada, semisal dari rumah sakit atau mall, bahkan dari luar negeri sekalipun. Begitu sukses dicetak, Anda bisa meminta bantuan orang yang ada di kantor untuk membagikan hasil print kepada orang-orang yang dituju. 



Cara kerjanya , printer-printer yang sudah ePrint-capable didaftarkan terlebih dahulu ke sebuah pusat layanan cloud HP ePrint (hpeprintcenter.com). Kemudian printer tersebut akan memperoleh alamat email khusus yang unik, guna meneruskan lampiran file ke printer untuk dicetak. Alamat email ini dapat dikustomisasi di kemudian hari tapi disarankan agar tidak dilakukan agar keamanannya akan tetap terjamin. Setelah itu, server cloud ePrint akan merender data dokumen dari tiap-tiap lampiran email ke dalam sebuah format streaming data yang kompatibel untuk cetakan, semisal PCL3, PCL5, atau ProtScript. Hingga seterusnya akan diproses oleh printer dan menjadi cetakan utuh. Agar dapat dirender menjadi format dara stream untuk printing, maka pastikan format dokumen dalam lampiran email Anda dalam native plain, yaitu:
·         MS Word document
·         MS PowerPoint presentation
·         MS Outlook document
·         Image file JPEG, BMP, GIF, PNG, TIFF;
·         Adobe Acrobat file PDF;
·         Text file and Rich Text Format (RTF)
·         HTML file

Anda bisa melakukan pencetakan dari perangkat apapun, asalkan bisa mengirimkan email. Baik dari sebuah ponsel, tablet, laptop, dekstop computer dan sebagainya. Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak dapat bervariasi, tergantung pada layanan email Anda, kecepatan sambungan, lalu lintas internet, dan faktor lainnya. Layanan ePrint akan mengirimkan pekerjaan cetak segera setelah menerimanya. Selama printer aktif, siap untuk mencetak, dan terhubung ke Internet. Jika layanan ePrint tidak dapat terhubung ke printer Anda, pekerjaan cetak akan tetap disimpan pada server selama 24 jam. Kita bisa cek status di  hpeprintcenter.com dan register printer Anda. Setelah terdaftar, Anda dapat memeriksa status pekerjaan cetak dan menentukan siapa yang diijinkan untuk mencetak ke printer Anda.

Ketika Anda pertama kali mengaktifkan ePrint, printer dalam  keadaan "Unlock". Dalam keadaan Unlock, siapa saja yang mengetahui alamat email printer Anda dapat mencetak menggunakan layanan ePrint. Ini sangat mudah, namun itu berarti bahwa Anda harus sangat berhati-hati kepada siapa saja yang Anda berikan alamat email printer Anda, dan Anda harus memastikan mereka tahu bahwa segala sesuatu yang mereka email akan dicetak pada printer Anda. Jadilah selektif ketika memberikan alamat email printer Anda sehingga Anda tidak menerima cetakan yang tidak Anda inginkan. Meskipun sebenarnya fitur ini masih ada banyak kekurangan namun banyak hal yang bisa kita manfaatkan terutama bagi Anda pengguna printer HP berfitur ePrint.

*Diolah dari berbagai macam sumber.


1 comment:

Canon Epson HP said...

I like this article, can add knowledge to every person who read it, thanks

Epson SureColor F6070

Stay Connected