Minggu, 03 Februari 2013

Canon Pixma MG6370 Review


Belum lama ini perusahaan raksasa printer inkjet Canon, memperkenalkan produk printer inkjet terbarunya di Asia. Canon Pixma MG6370 merupakan salah satu produk printer inkjet multifungsi andalan dari Canon dalam moment tersebut january lalu selain seri MG5470. Canon Pixma MG6370 merupakan kombinasi  mesin print, mesin scan, dan copy yang dijadikan dalam satu mesin printer multifungsi. Desainnya Canon Pixma MG6370 cukup elegan dengan body glossy yang dijual dengan tiga warna pilihan, yaitu Cyber White, Black Brown Gradient dan Black Blue Gradient. Terdapat layar LED 3,5” Touchscreen yang yang memudahkan penggunaan control panel pada bagian atas printer. Penempatan tombol dan panel pun terlihat cukup simple agar semakin memudahkan penggunanya dalam mengfungsikan printer ini. Warm up time printer multifungsi ini membutuhkan waktu sekitar 6 detik. 
Dengan berat sekitar 8,4 kg, printer multifungsi dengan cartridge 6 warna ini memiliki dimensi fisik 466 x 369 x 148 mm. Sudah terdapat slot kartu memori, sehingga beberapa fitur dapat difungsikan tanpa memerlukan sebuah PC. Jika user ingin mencetak langsung dari smartphone android, maupun iphone/ipad, dapat mengaktifkan wi fi yang tertanam dalam printer ini karena printer yang satu ini sudah dibekali teknologi PIXMA Cloud Link yang memudahkan dalam pencetakan dengan cloud printing. Dengan teknologi PIXMA Cloud Link dengan koneksi jaringan Wi-Fi menjadikan Canon Pixma MG6370 sangat fleksibel dalam mencetak. Mobile printing menjadi fitur yang menguntungkan karena mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan PC. Printer ini dapat pula mencetak foto langsung dari kamera digital yang sudah memiliki fitur PictBridge (Wireless Lan) technology.

Printer yang juga mampu mendukung aplikasi “Google Cloud Print™ dan Apple AirPrint ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan auto duplex printing, yaitu mencetak dua sisi kertas sekaligus. Konsumsi listriknya pun terbilang cukup irit hanya sekitar 19 watt ketika beroperasi maksimal dan 0,7 watt ketika dalam posisi stand by. Fitur mode hening (Quite Mode) juga terdapat pada Canon Pixma MG6370 agar memberikan rasa nyaman saat proses pencetakan. Teknologi ini bisa digunakan untuk mengurangi kebisingan dan menjaga suasana tenang di kantor ataupun di rumah. Terdapat dua cassette/paper tray untuk printer Canon Pixma MG6370 untuk dua ukuran kertas yang berbeda yaitu jenis ukuran A4 yang dapat menampung hingga 125 lembar dan ukuran kertas photo 4R hingga 20 lembar.  Printer inkjet inipun dilengkapi disc tray disc untuk mencetak langsung di DVD, blue ray, atau CD dengan Canon Pixma MG6370. 

Fitur scan Canon Pixma MG6370 mampu menangani kertas dengan ukuran hingga 216 x 297 mm. Jenis scanner nya adalah flatbed scanner, dengan resolusi scan hingga 2400 x 4800 dpi. Untuk memindai atau scan kertas berukuran A4 colour, dibutuhkan waktu sekitar 14 detik. Fitur copy pada printer ini juga tidak terlalu mengecewakan. Printer Canon MP287 memiliki kemampuan copy speed hingga 7,7 copy per menit untuk dokumen monokrom dengan first out copy 19 detik. Resolusi copy printer multifungsi ini mampu hingga 600 x 300 dpi. Setiap perintah copy pada printer ini maksimum hingga 99 copy atau salinan. Terdapat pula fitur duplex copy yang dapat mengcopy dua sisi kertas sekaligus.
 
Printer inkjet Canon Pixma MG6370 menggunakan 6 individual cartridge ink droplet 1 pl dengan seri PGI-720BK untuk cartridge dengan tinta pigmen hitamnya, dan CL-751 untuk cartridge photo black, warna cyan, magenta, yellow, dan CL-751GY untuk cartridge warna gray. Dengan cartridge 6 warna, teknologi Hybrid System Cartridge dan FINE Printing yang sudah dipatenkan oleh Canon, printer ini diklaim oleh Canon mampu mencetak dengan resolusi mencapai 9800 x 2400 dpi. Dengan mengusung teknologi FINE (Full-photolithography Inkjet Nozzle), printer ini mampu membuat tetesan tinta mikroskopis sekecil 1 pl untuk mencetak gambar berkualitas tinggi dan tajam. Canon mengklaim, teknologi ini juga meningkatkan produksi warna yang lebih bervariasi. Cocok pula digunakan untuk pencetakan foto untuk kebutuhan rumahan atau bahkan personal sekalipun. Printer ini mampu mencetak dengan media kertas ukuran A4, Letter, Legal, A5, B5, Envelopes (DL, COM10), 4 x 6", 5 x 7", dan 8 x 10. Bahkan dapat mencetak tanpa tepi (borderless) dengan kertas ukuran A4 / LTR / 4x6"/ 5 x 7" / 8 x 10. Canon Pixma MG6370 mampu menangani kertas tebal berukuran hingga A4 300gram.

Canon pun menyertakan berbagai software bawaan yang bisa digunakan untuk membantu dalam pengolahan gambar dan setting printer sebelum mencetak jenis gambar yang ingin di print. Aplikasi baru yang disematkan dalam Canon Pixma MG6370 adalah fitur My Image Garden yang merupakan fitur terbaru yang dirancang untuk memberikan keleluasaan berkreasi para pengguna dalam mengatur foto yang akan dicetak. Aplikasi ini terintegrasi dengan seluruh fungsi printer dalam satu kesatuan serta bekerja secara sederhana. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan proses memindai atau mencetak yang terintegrasi dengan aplikasi Creative Park Premium, Fun Filter Effect dan Full HD Movie Print. Dengan Fun Filter Effect, kita bisa menambahkan efek filter sebelum mencetak sebuah foto. Di Fun Filter Effect, tersedia efek fish eye, miniature, toy camera, soft focus dan blur background. 



Selain itu terdapat pula aplikasi Photo Fix II, Creative Park Premium dan juga PIXMA Town yang dapat dijadikan tools untuk meningkatkan kreatifitas cetak terutama bagi pengguna yang menyukai grafis. Aplikasi terbaru My Image Garden memberi keleluasaan pengguna untuk mengolah dan mengatur foto dengan menyenangkan. Mereka juga dapat dengan mudah mengatur dan mengelompokan foto-fotonya berdasarkan event, tanggal atau orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga. Setelah foto tersebut dikelompokan akan menjadi sangat mudah mengeluarkannya kembali, menatanya, serta mencetaknya ke dalam fitur kreatif seperti dalam bentuk kalender, kartu, atau berupa kolase.

Canon Pixma MG6370 telah memenuhi kualifikasi ENERGY STAR® serta menawarkan kecepatan cetak hingga 15 ipm ISO (monokrom) dan 10,5 ipm (image per minute) ISO untuk print colour. Sedangkan untuk mencetak dengan format photo di media kertas 4R dibutuhkan waktu sekitar 21 detik. Dengan  beragam fitur seperti kemampuan cetak foto tanpa tepi (borderless), software bawaan yang menarik, harga printer yang kompetitif, koneksi wireless, dan berbagai fitur lain, Canon Pixma MG6370 mampu menjadi solusi serba guna bagi para pelaku usaha kecil, penggunaan di small office, mahasiswa maupun penggunaan di rumah. Kita tunggu kedatangan resminya di Indonesia. Dan pastikan Anda dapatkan printer Canon PIXMA di outlet-outlet Aston Printer Center terdekat di kota anda.

Tidak ada komentar:

You May Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Stay Connected