Printer Inkjet Dengan Auto Duplex Printing Tercepat


Sekilas, printer ini terlihat seperti sebuah perangkat printer laser multifungsi. Namun jika kita cermati lebih dekat, menggunakannya, dan mencermati bagian dalamnya, printer ini merupakan printer inkjet multifungsi yang memiliki berbagai fitur yang mumpuni mendekati kualitas printer laser multifungsi. Epson WorkForce Pro WP-4521 merupakan salah satu printer inkjet multifungsi dari Epson yang beredar di Indonesia dengan berbagai fungsi seperti print, scan, copy, dan fax. Printer yang diperkenalkan awal tahun lalu ini memang tidak sepopuler printer inkjet yang lain dari Epson yang beredar di Indonesia. Karena printer ini ditujukan untuk penggunaan di instansi atau perusahaan dengan kebutuhan dokumen yang cukup tinggi dan intensif. Sehingga berbagai kebutuhan cetak, copy, scan, & fax yang biasanya diperlukan oleh kalangan profesiional bisa dilakukan dalam satu perangkat elektronik ini.



Printer inkjet Epson WorkForce Pro WP-4521 dengan berat 12,6 kg ini, memiliki ukuran dimensi fisik,  460 x 420 x 341 mm. Desainnya terlihat simple dan memang cukup besar namun cukup wajar karena ini printer multifungsi untuk kebutuhan cetak yag tinggi. Dengan balutan warna putih di body printer dan layar TFT LCD 2,5” colour yang berfungsi untuk Display Touch Panel yang tertata apik di bagian depan printer multifungsi ini. Penempatan tombol dan panel pun terlihat cukup lengkap agar semakin memudahkan penggunanya dalam mengfungsikan printer ini tanpa melalui PC, terutama untuk penggunaan fungsi fax nya. Terdapat Auto Document Feeder pada bagian atas printer ini. Duty cycle printer ini pun memiliki kemampuan yang setara dengan printer laser yaitu hingga 20.000 halaman perbulan. 

Kecepatan mencetak merupakan salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Epson WorkForce Pro WP-4521. Speed yang ditawarkan adalah 26 ppm untuk kertas A4 dengan dokumen monokrom, terbilang cepat untuk ukuran printer inkjet dan sekitar 24 ppm untuk colour draft text memo (A4). Kecepatan ini diklaim Epson hampir menyamai rata-rata kecepatan printer laser standard untuk pencetakan pada kertas A4. Konsumsi listriknya terbilang irit hanya sekitar 17 watt pada masa proses kerja, 2,1 watt pada mode sleep, dan 7 watt pada ready mode. Kemampuan utama dari printer inkjet multifungsi Epson WorkForce Pro WP-4521 adalah kemampuan auto duplex printing yang diklaim Epson sebagai printer inkjet dengan kemampuan auto duplex printing tercepat di dunia yaitu 9,2 ppm untuk dokumen monokrom dan 7,1 ppm untuk dokumen warna dengan mode cetak normal. 



Printer ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Epson iPrint 2.0 (untuk perangkat mobile dari Apple dan Android) yang memungkinkan pencetakan foto, halaman web, dan dokumen, secara nirkabel ke WP-4521 via WiFi router; memindai, menyimpan, dan berbagi file; serta mendukung layanan awan (online cloud services), seperti Box.net, Dropbox, dan Evernote. Printer Epson WorkForce Pro WP-4521 pun memiliki kemampuan konektifitas yang baik untuk penggunaan bersama dalam sebuah kelompok kerja di sebuah kantor maupun perusahaan. Printer ini pun memiliki tempat pembuangan tinta dibagian belakang printer yang nantinya akan semakin mempermudah perawatan printer ini.

Epson WorkForce Pro WP-4521 juga mampu mencetak gambar kualitas foto. Epson WorkForce Pro WP-4521  mencetak hingga resolusi 4800 x 1200 dpi berkat teknologi pencetakan bersistem tetesan tinta berukuran variabel (Variable-Sized Droplet/VSDT) yang tertanam di dalam teknologi print head Epson Micro Piezo. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil gradasi gambar yang sangat halus, baik untuk dokumen, foto hitam putih maupun berwarna. WorkForce Pro WP-4521 menggunakan teknologi DURABrite Ultra Ink yang diklaim oleh Epson dapat membuat hasil cetak bertahan lama dan tidak mudah luntur meskipun terkena air. Epson WorkForce Pro WP-4521  menggunakan individual cartridge 4 warna dengan seri :
677 Ink series (high capacity)  
-  T6771 (Black ink cartridge) page yield hingga 3400 halaman
678 Ink series  
-  T6781 (Black ink cartridge) page yield hingga 2400 halaman  
-  T6782 (Cyan ink cartridge) page yield hingga 1200 lembar  
-  T6783 (Magenta ink cartridge) page yield hingga 1200 lembar  
-  T6784 (Yellow ink cartridge) page yield hingga 1200 lembar
Namun, semua kembali ke intensitas cetak user, jenis dokumen, kepadatan warna dokumen yang dicetak, dan settingan pada printer.



Epson WorkForce Pro WP-4521 dilengkapi fitur colour copier yang mampu mengcopy dengan kecepatan hingga 26 copy per menit untuk monokrom dan 24 copy per menit untuk dokumen colour dengan setelan fast mode pada kertas A4. Resolusinya mampu mencapai 1200 x 1200 dpi. Fitur fax pada seri printer ini juga bisa membantu user untuk mengirim dan menerima fax yang terhubung dengan sambungan telepon. Kecepatan faks (data transfer rate):  sampai 33.6kbps. Kecepatan transmisi faks: sekitar 3 detik / lembar. Resolusi faks:  200 x 100 dpi (standar), 200 x 200 dpi (fine dan photo) untuk monokrom maupun warna.

Fitur colour scan Epson WF-7511 juga cukup mumpuni. Dengan resolusi scan opticalnya mampu mencapai 1200 x 2400 dpi, printer Epson ini mampu memindai atau scan dokomen warna hingga dengan mudah sehingga pengguna tidak perlu repot-repot lagi membeli scanner tersendiri. Dilengkapi pula dengan sistem ADF (automatic document feeder) yang mampu menampung hingga 30 lembar kertas. Dengan harga resmi sekitar lima jutaan, Epson WorkForce Pro WP-4521 memang ditujukan untuk perkantoran (SOHO/UKM) yang membutuhkan printer warna multifungsi dengan harga terjangkau namun dengan kualitas setara printer laser dan hasil cetak tahan air (tidak luntur) serta perkantoran yang membutuhkan printer dengan fitur scan-copy-fax dan ada dukungan ADF (Automatic Document Feeder). Namun pilihan printer Anda atau institusi Anda kembali kepada Anda dan Institusi Anda. 



No comments:

Powered by Blogger.