Kamis, 14 Februari 2013

Tips Memilih Printer Laser A3 Ideal

Untuk memilih printer laser yang mampu menangani kertas ukuran A3 tidaklah mudah. Memilih printer laser seperti memilih tim kerja yang siap untuk menghadapi tantangan kerja demi pencapaian hasil yang maksimal. Dibutuhkan banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Namun, tak perlu terlalu khawatir, karena berikut adalah hal-hal pokok yang dapat menjadi acuan Anda dalam memilih printer laser A3 sesuai dengan yang Anda atau institusi Anda butuhkan :

1. Hal pertama yang anda harus tentukan ketika memilih printer laser adalah untuk tujuan apa anda menggunakannya. tentukan jenis Printer yang Anda perlukan seperti single function (print only) atau multifunction (Print, Scan, Copy, Fax). Apakah printer laser yang monokrom atau yang printer laser color. Oleh karena itu pastikan printer laser macam apa yang  Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan mencetak anda atau institusi anda.

2. Kecepatan cetak menjadi hal penting yang anda harus pertimbangkan. Karena disinilah kelebihan utama printer laser. Apalagi area cetak yang dibutuhkan ukuran A3. Kebanyakan institusi membutuhkan printer laser karena kemampuan cetaknya yang cepat. Sebelum membeli printer laser, sebaiknya hitung atau buat perkiraan dulu berapa halaman yang anda atau institusi anda cetak setiap bulannya.  


3. Resolusi cetak menjadi sangat penting jika anda membutuhkan kualitas cetak yang prima. Resolusi printer laser rata-rata sudah cukup baik. Printer laser warna yang paling murah pun sudah memamerkan resolusi optikal yang cukup bagus, yang cocok untuk kebutuhan kebanyakan bisnis. Namun jika Anda tidak benar-benar menginginkan kualitas cetak yang prima, abaikan saja resolusi yang lebih tinggi. Karena resikonya Anda harus siap untuk menunggu lebih lama untuk mendapatkan hasil cetaknya.

4. Pastikan budget yang perlu dipersiapkan dengan mempertimbangkan pengeluaran rutin dan ketersedian budget. Jika estimasi pemakaian rutin printing Anda :

  • 5000-10000 lembar kertas A3 per bulan untuk hasil cetak hitam/putih, disarankan untuk membeli Printer Laserjet monochrome heavy duty  atau bahkan Digital Copier.
  • 200-8000 lembar kertas A3 per bulan untuk hasil cetak hitam/putih atau monokrom, disarankan untuk membeli Printer Laserjet monochrome heavy duty.
  • 200-6000 lembar kertas A3 per bulan dengan asumsi 50% print hitam/putih monokrom dan 50% print warna, disarankan untuk membeli Printer Laserjet Colour Middle atau bahkan Heavy Duty.
  • 20-200 lembar kertas A3 per bulan dengan asumsi 50% print hitam/putih dan 50% print warna, disarankan untuk membeli Printer Iaser dengan maksimum media size kertas A3 yang sekarang banyak tersedia dipasaran 


5. Satu hal yang terpenting sebelum Anda membeli Printer laserjet, pastikan barang Consumable-nya seperti cartridge , drum unit dll bisa didapat dengan mudah, karena jika Anda bisa mendapatkannya dengan mudah kemungkinan besar Anda bisa membeli cartridge atau barang comsumable-nya dengan harga terjangkau, terutama jika Anda ingin membeli Printer Laserjet A3 Warna. Gunakan compatible toner cartridge baru karena lebih mudah didapat,  harganya lebih terjangkau, dan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan OEM.

6. Jangan lupa untuk menanyakan garansi printer kalau anda membeli baru dan jika ada masalah selama garansi harus klaim kemana kalau harus ke dealer resmi pastikan terdapat kartu garansi resmi. Karena sekarang banyak penjual Printer baru yang tidak melalui dealer resmi, kadang beberapa distributor impor atau mengambil langsung dari luar negeri sehingga harganya bisa lebih murah namun tidak ada kartu garansi resmi, meskipun biasanya ada garansi distributor. Itu semua kembali kepada keputusan Anda

7. Jika printer ini akan Anda pakai sendiri atau dirawat sendiri, setelah membeli Printernya jangan lupa untuk membaca buku manualnya, karena Anda akan menemukan hal yang bermanfaat misalnya : penjelasan mengenai kode error yang tampil pada display printer jika terdapat masalah ataupun bagaimana untuk mengetahui page counter printer. Namun jika tidak, Anda bisa serahkan kepada teknisi printer di kantor Anda maupun di pusat-pusat service printer terpercaya.

8. Jika Anda membeli printer baru akan satu paket dengan cartridge starter/introductory dengan page yield yang lebih sedikit. Untuk mendapatkan cartridge dengan page yield standar Anda harus membeli cartridge yang baru baik dari OEM maupun new compatible. Jangan merefill cartridge starter/introductory karena beberapa tipe cartridge tertentu mempunyai tempat penyimpanan dan pembuangan toner yang lebih kecil. Jika toner habis jangan direfill sembarangan, jika terpaksa direfill maksimal satu kali refill. Setelah itu ganti cartridge toner dengan cartridge original atau OEM atau compatible toner cartridge kondisi baru seperti ORIMAX. Ganti cartridge toner printer laser A3 setiap toner habis untuk menjaga kualitas cetak dan menjaga performa printer, tentu saja printer laser A3 yang Anda gunakan akan lebih awet.  

Sumber : www.orimax.co.id

1 komentar:

Luckymouse mengatakan...

Kalo cara pilih Printer Kartu yang baik gimana masbro

You May Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Stay Connected