Epson L355 Review



Akhir bulan februari yang lalu, Epson memperkenalkan beberapa printer inkjet terbarunya untuk pasar printer di Indonesia. Salah satunya adalah varian dari printer Epson L Series yaitu printer Epson L355 yang merupakan printer inkjet multifungsi. Printer dengan dimensi fisik 472 x 300 x 145 mm ini memiliki berat 4,4 kg. Desain fisiknya tidak jauh berbeda dengan Epson L350 yang cukup simple & elegan, dengan body berwarna hitam menjadi pencitraan sendiri bagi printer yang mampu mencetak di kertas photo ini. Sebagai salah satu seri dari printer inkjet Epson L Series, Epson L355 merupakan sebuah perangkat multifungsi yang menyatukan fungsi print, scan, dan copy dalam sebuah perangkat printer dengan tambahan fitur Wi fi.


Fitur Wi fi ini lah yang menjadi perbedaan utama Epson L355 dengan Epson L350. Dengan fitur Wi fi ini Epson L355 akan semakin mudah untuk digunakan dalam kelompok kerja di kantor dan memudahkan untuk mencetak dokumen maupun gambar secara langsung dari perangkat samrtphone. Printer ini pun dapat didukung oleh aplikasi Epson iPrint untuk mencetak langsung dari smartphone android maupun iphone yang dapat dengan mudah didownload di application store. Epson L355 dilengkapi CISS (Continues Ink Supply System) dengan ink tank infus original Epson yang menempel dibagian samping printer Epson yang sudah menjadi ciri khas Epson L Series.


Dengan desain yang compact dan simple yang menjadi ciri khas Epson L series, printer multifungsi ini memiliki tombol control panel yang cukup unik letaknya. Tombol power dan beberapa tombol lain terletak di tengah di bagian depan printer. Cukup unik karena jarang sekali printer inkjet multifungsi A4 meletakkan panel printer di bagian tengah depan. Tombol ini merupakan tombol power, dan one push button untuk proses scan & copy untuk memudahkan user dalam penggunaannya. Serta tambahan tombol Wi fi. Control panel ini dapat diangkat sedikit untuk memudahkan penggunanya dan membuatnya terlihat lebih canggih. Tempat kertas Epson L355 berada di bagian atas printer dengan posisi portrait mampu menampung hingga 100 lembar kertas A4 75 gram sedangkan untuk kertas photo glossy mampu menampung hingga 20 lembar kertas glossy ukuran A4.

Printer inkjet multifungsi Epson L355 memiliki kecepatan cetak hingga 33 ppm (page per minute) untuk cetak dengan draft mode black dan untuk cetak berwarna A4 dengan draft mode mampu mencapai 15 ppm. Sedangkan untuk mencetak foto berukuran 4R printer ini membutuhkan waktu 69 detik dengan default mode dan 27 detik dengan photo draft mode. Kecepatan cetaknya memang jauh lebih baik dan membedakan dari Epson L110 dan L210. Perbadaan lainnya, Epson pun memberikan dua botol tinta original Epson warna hitam. Sehingga dalam paket penjualan Epson L300 sudah termasuk dua botol tinta Black, dan tiga botol tinta untuk warna cyan, magenta, dan yellow. Kualitas cetak yang dimiliki adalah sebesar 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology) sebagai pendukung tingkat hasil cetak yang maksimal epson memberikan teknologi Micro Piezo sebagai head print dalam mesin printer inkjet ini.

Fitur colour copier-nya juga tidak mau kalah dari fitur cetaknya. Dengan fast mode, printer L355 mampu mengcopy dengan kecepatan hingga 5 cpm (copy per minute) untuk mengcopy dokumen black & white (draft mode A4). Sedangkan untuk mengcopy dokumen berwarna (draft mode A4) kecepatannya mampu mencapai 10 cpm. Maksimal copy paper yang bisa dihasilkan printer multifungsi ini adalah 20 halaman untuk sekali perintah copy. Untuk fitur scannya, printer ini memiliki colour scanner dengan resolusi 1200 x 2400 dpi. Dengan scanner tipe Flatbed colour image scanner, area scan yang mampu dicapai yaitu 216 x 297mm (8.5 x 11.7").  Kecepatan scan bervariasi tergantung pada file yang di-scan. Printer yang dibandrol di harga dua jutaan ini, memiliki konsumsi listrik yang cukup irit hanya sekitar 12 watt ketika dalam posisi kerja, 3,5 watt dalam kondisi stand by, dan 1,5 watt dalam sleep mode. 

Epson L355 Inkjet ini memiliki desain yang terbilang minimalis. Printer L355 ditujukan untuk pengguna UKM (usaha kecil dan menengah) dan instansi yang memiliki produktifitas dan kebutuhan cetak lebih tinggi dibandingkan penggunaan rumahan meskipun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pengguna rumahan. Tunggu kehadiran Epson L355 di outlet-outlet Aston Printer Center terdekat di kota Anda. Karena tergolong masih sangat baru. Untuk seri Epson L Series lainnya bisa Anda dapatkan pula di Aston Printer Center. Jangan ragu untuk bertanya kepada customer service kami untuk printer yang cocok dengan kebutuhan dan budget Anda. Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik.

www.astonprinter.com

5 comments:

Mustikasbp said...

Bagaimana cara men scan di printer Epson L355? Saya hanya bisa mencetak dokumen, belum bisa scan. Tolong dijawab ya

Unknown said...

Caranya, buka aplikasi EPSON SCAN di DESKTOP , pilih option di sudut kanan atas (Office, Home / lainnya)
Lalu preview, baru scan...
nanti tersimpan sendiri di My Pictures / My Document

Saya balik nanya gan, bagaimana cara memfotokopi dengan L355 ?? Tolong dijawab..thanks
https://plus.google.com/103322590630218643449

Unknown said...

Di depan ada tombol buat fotokopi

Unknown said...

Setting fungsi wifi nya gimana gan? Supaya bisa di pake di laptop

Unknown said...

Setting fungsi wifi nya gimana gan? Supaya bisa di pake di laptop

Powered by Blogger.