Brother HL-6180DW Review

Bersamaan dengan Brother HL-5450DN dan HL-5470DW, printer laser Brother HL-6180DW mulai beredar secara resmi di Indonesia tahun 2013 ini. Produk ini merupakan salah satu produk printer unggulan Brother di kelas middle level printer laser monokrom. Karena memiliki kapasitas cetak yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih tinggi dari dua seri yang lain. Printer ini mengutamakan kecepatan dan efisiensi, dimana memiliki kecepatan tinggi, mampu menggunakan cartridge toner dengan kapasitas besar, dan untuk kebutuhan cetak yang cukup tinggi. Bentuk printer yang tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SMB (Small-Medium Business) baik itu untuk UKM maupun corporate. Desain fisiknya yang compact & simple, membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Control panelnya terletak di bagian atas printer dan terlihat sangat sederhana. Terdapat lampu indikator LED pada bagian atas printer ini dan layar LCD backlite 16 karakter one line yang menayangkan informasi proses kerja printer. Dengan processor 400 Mhz dan berat printer 11,5 kg, Brother HL-6180DW memiliki ukuran dimensi fisik 371 x 384 x 288 mm.


Printer laser monokrom Brother HL-6180DW membutuhkan sekitar 8,5 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Printer ini mampu mencetak dengan kecepatan hingga 40 ppm atau sebanyak 40 halaman per menit. Resolusi cetaknya mampu mencapai 1200 x 1200 dpi berkat teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4.  Fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (auto duplex) tidak lupa dibenamkan dalam printer laser ini. Dengan fitur auto duplex printing, printer ini diperkirakan dapat mencetak hingga 18 ipm (image per minute). Printer laser monokrom Brother HL-6180DW memiliki paper tray dengan kapasitas maksimal hingga 550 lembar kertas dan terdapat optional paper tray yang dijual terpisah dengan kapasitas 500 lembar kertas. 


Printer laser ini sudah didukung konektivitas jaringan Ethernet (10Base-T/100Base-TX) untuk penggunaan kelompok kerja kecil. Produk ini pun sudah dilengkapi dengan koneksi Wi Fi. Brother HL-6180DW dapat dimanfaatkan untuk mencetak langsung dari smartphone Apple, Android, maupun Windows Mobile 7 dengan menggunakan fitur Brother I Print & Scan yang dapat diunduh langsung dari app market.  Saat melakukan pencetakkan, printer ini tidak mengeluarkan suara yang mengganggu, bahkan kemudahan pengoperasian menjadikan faktor utama dalam mengedepankan fungsi sebagai alat cetak. Printer ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya. Dalam driver printernya terdapat aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk penghematan cetak dan pengaturan operasional printer seperti fitur Poster Printing, Watermark Printing, Booklet Printing, dan Secure Printing.

Brother Brother HL-6180DW dapat menggunakan cartridge toner standar seri TN-3320, sedangkan drum unitnya menggunakan seri DR-3355. Penggunaan tonernya mampu mencapai 3.000 halaman per toner cartridge. Printer ini dapat menggunakan high yield cartridge toner TN-3350 dengan page yield hingga 8.000 halaman, dan untuk kebutuhan cetak yang lebih tinggi dapat menggunakan super high yield cartridge toner TN-3370 dengan page yields hingga 12.000 halaman. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 30.000 halaman.


Printer laser monokrom Brother HL-6180DW cocok digunakan untuk small dan medium enterprise, UKM, serta instansi yang memiliki kebutuhan cukup tinggi dalam mencetak dokumen monokrom. Brother mengklaim bahwa printer ini cocok untuk instansi dengan kebutuhan cetak 1000 hingga 5000 halaman per bulan. Meski tergolong cukup berat secara fisik, printer ini masih terlihat compact ukurannya di jajaran printer laser di kelasnya. Sehingga masih cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan kantor yang kecil maupun besar. Semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user. 

No comments:

Powered by Blogger.