Wednesday, April 3, 2013

Inikah Printer Inkjet Tercepat ?


Produsen elektronik asal Amerika Serikat, Hewlett Packard (HP) baru saja mencatatkan rekor yang sangat membanggakan. Salah satu produk mereka, yakni printer HP Officejet Pro X telah tercatat sebagai printer inkjet tercepat di dunia oleh Guinness World Record. HP Officejet Pro X451 untuk kategori printer desktop tercepat, serta HP Officejet Pro X551, HP Officejet Pro X576 Color MFP untuk kategori printer inkjet tercepat dunia. HP adalah salah satu produsen printer dengan reputasi yang cukup bagus di Indonesia terutama untuk printer laser. Untuk bersaing dengan perusahaan lainnya, HP telah mengembangkan teknologinya dalam Officejet Pro X yaitu HP Officejet Pro X476 Color MFP dan HP Officejet Pro X451 yang diperkenalkan di Indonesia Maret 2013 lalu. Seri printer terbaru ini diklaim mampu mencetak dokumen dengan lebih cepat.

Kecepatan adalah keunggulan utama yang dimiliki Hp Officejet Pro X Series. HP (Hewlett- Packard) ingin membuktikan jika printer inkjet lebih lambat daripada laser, hanyalah sebatas mitos. HP mengklaim bahwa kemampuan cetaknya bahkan dua kali lebih cepat dari rata-rata printer lain di kelasnya. Printer ini mampu mencetak dokumen dengan kecepatan 70 ppm. Kecepatan printer tersebut mampu mencatat rekor di Guinness World Records sehingga HP Officejet Pro X Series dinobatkan sebagai printer tercepat di kelasnya. HP mengklaim bahwa kecepatan ini setara kurang dari 1 detik per halaman, 2,5 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan rata-rata printer laser, berkat dukungan teknologi HP PageWide.


Dibandingkan dengan printer inkjet generasi pertama dari HP kecepatan cetaknya tentu sangat berbeda jauh. HP Deskjet yang dirilis pada tahun 1988 hanya mempunyai kecepatan cetak 2 ppm, 2 halaman per menit. Selain itu, produk HP terbaru ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Kecepatan tersebut tentu tidak akan bisa didapatkan tanpa bantuan fitur HP PageWide Technology. Cartridge tinta yang digunakan untuk produk tersebut adalah HP 970 dan HP 971, di mana hasil cetakan cepat kering dan tinta pigmen bisa bertahan lama. Fasilitas cartridge ini memungkinkan printer mampu mencetak 9.200 halaman.

Teknologi pendukung kecepatan cetak dokumen itu menghadirkan empat warna tinta pigmen orisinal HP, dan printhead tetap dalam posisi statis alias tak bergerak. Sehingga, mesin HP Office Pro X bisa mencetak dengan cepat. Meskipun pencetakan dilakukan dengan lebih cepat, kualitas cetak tidak akan dikorbankan. Jadi, Anda tidak perlu lagi dengan kualitas hasil cetak produk ini. Dari segi efisiensi, biaya cetak per halaman diklaim 50 persen lebih hemat dibandingkan pemakaian toner pada printer laser. Biaya cetak per lembar seri printer ini yaitu Rp678, sementara ongkos cetak pada printer laser dengan kurang lebih Rp1.621.


Kemudahan dan fleksibilitas percetakan juga dikedepankan dengan fasilitas panel layar sentuh. Memanfaatkan koneksi Internet, seri HP Officejet Pro X ini memungkinkan percetakan melalui perangkat ponsel pintar, cukup dengan pengaturan muda. HP juga mengklaim bahwa salah satu keunggulan lainnya adalah biaya cetak per lembar bahkan lebih murah daripada printer laser. Dengan produk HP Officejet Pro X Series, Anda bisa mengurangi biaya cetak sampai 50 persen. Printer ini mempunyai kemampuan untuk mencetak halaman bolak-balik. Pencetakan pada dua sisi halaman memang lebih efektif dan mampu mengurangi penggunaan kertas secara signifikan.

Penggunaan printer terbaru dari HP tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Meskipun harus membayar lebih mahal untuk menggunakannya, Anda bisa mendapatkan kualitas yang setara dengan harga tersebut. Kualitas tersebut ada pada kecepatan cetak yang sangat tinggi, 70 ppm. Selain itu, pencetakan pada dua sisi halaman mampu mengurangi pengeluaran biaya untuk kertas sampai 50%. Tentunya printer baru ini memberikan solusi yang benar-benar tepat untuk UKM. "Kebutuhan printing di perkantoran masih tinggi, jadi HP akan terus memanfaatkan kesempatan ini melalui seri HP Office Pro X," jelas Ellya, Marketing Development Inkjet Printer System HP PPS Indonesia di Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis 7 Maret 2013.


Jika Anda tertarik untuk membuktikan klaim HP tentang kecepatan dan kemampuan kedua printer ini, Anda bisa mulai memesan dengan sistem indent ke HP Indonesia. Kedua printer tersebut mulai dipasarkan di Indonesia pada bulan Maret atau April ini. Harga untuk HP Officejet Pro X476 adalah sekitar Rp 8.425.000. Yang akan menyusul nantinya, seri HP Officejet Pro X451, harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 5.888.000,00. Kita tunggu kedatangan resmi kedua printer ini, apakah akan masuk di Aston Printer Center, itu semua kembali kepada Anda sebagai konsumen.   


*Diolah dari berbagai sumber.

No comments:

Stay Connected