Saturday, May 4, 2013

Canon PIXMA MX527 Review

Akhir bulan April yang lalu, Canon Indonesia memperkenalkan beberapa printer inkjet terbarunya di pasaran Indonesia. Salah satunya adalah printer Canon PIXMA MX527. Printer ini merupakan printer multifungsi all in one yang sudah dilengkapi fitur print, scan, copy, dan fax. Printer ini ditujukan bagi mereka yang menjalankan bisnis sendiri dari rumah, maupun small office instansi negeri maupun swasta yang membutuhkan perangkat kerja yang praktis dan efisien. Printer dengan dimensi fisik 458 x 385 x 200 mm dan berat 8,7 kg ini terlihat cukup elegan dengan paduan hitam glossy dan doff pada body printer. Bentukya tidak jauh berbeda dengan seri-seri printer multifungsi PIXMA MX sebelumnya.


Terdapat panel control yang cukup friendly di sebelah kanan. Ada tombol soft power dengan backlit LED di sebelah kiri layar dan bagian fax ke kanan. Terdapat tombol-tombol untuk langsung scan maupun copy di bagian atas printer. Tombol pindai atau scan yang terasa cukup nyaman memungkinkan Anda memindai langsung ke PC melalui mode Auto Scan, yang secara otomatis mengenali jenis dokumen dan scan optimal serta menyimpan pengaturan file hasil scan. Terdapat Auto Document Feeder pada bagian atas printer yang dapat membantu dalam proses scan dan copy dengan printer ini. ADF nya dapat menampung hingga 30 lembar kertas. Pada bagian samping bawah terdapat slot memory untuk mencetak langsung foto atau dokumen dari memory card.


Pengoperasian MX527 terlihat cukup mudah dan praktis karena tambahan Dual Function Panel yang unik di layar LCD 2,5”. Fungsi ini memiliki kemampuan khusus yang mengubah tombol untuk menyesuaikan dengan situasi. Pada menu tertentu, tombol bisa berupa anak panah untuk navigasi yang mudah, namun tanda ini berubah menjadi angka saat menu fax aktif. Perubahan tombol untuk menu tertentu ini akan membuat pengguna tidak kerepotan dengan banyaknya kontrol yang tidak perlu. Printer ini diklaim oleh Canon mampu mencetak dengan resolusi mencapai 4800 x 1200 dpi. Printer ini mampu mencetak dengan media kertas ukuran A4, Letter, Legal, A5, B5, Envelopes (DL, COM10), 4 x 6", 5 x 7", dan 8 x 10. Kecepatan cetaknya sekitar 9,7 ipm (image per minute) untuk pencetakan monokrom, dan 5,5 ipm untuk mode pencetakan full colour. Sedangkan untuk mencetak foto ukuran kertas 4x6 atau 4R membutuhkan waktu sekitar 46 detik. PIXMA MX527, dapat memanfaatkan jaringan nirkabel dan akses langsung ke pilihan mencetak yang kaya dari PIXMA Cloud Link dan layanan Creative Park Premium tanpa perlu lewat Personal Computer (PC). Sekali terkoneksi dengan layanan eksklusif Canon ini, pengguna dapat menjelajah melalui serangkaian template dan peralatan melalui layar LCD printer dan mencetaknya dengan cepat.

Lewat Google Cloud Print, pengguna bahkan dapat menggunakan printernya walaupun sedang tidak berada di kantor. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan smartphone untuk mengontrol printernya dan mendapati dokumen sudah tercetak sekembalinya ke kantor. Keuntungan lainnya dari konektivitas Wi-Fi adalah kemampuan mencetak dokumen dan foto langsung dari smartphone atau tablet tanpa perlu tersambung ke PC. Saat smartphone dan perangkat mobile terhubung ke printer, pengguna bisa mencetak dan memindai dokumen/foto secara langsung dari perangkat tersebut. Aplikasi seperti Apple AirPrint dan Canon Easy-Photo-Print akan membuat proses pencetakan secara Wi-Fi lebih mudah, cukup menggunakan tampilan antarmuka sederhana di ponsel.

Printer inkjet multifungsi Canon PIXMA MX527 proses scannya menggunakan scanner jenis flatbed dan juga dapat dibantu melalui ADF (Auto Document Feeder) yang terdapat pada printer ini. Dengan ADF scan menjadi lebih mudah dan cepat karena dapat menghemat waktu langsung scan beberapa file yang dimasukkan lewat ADF tanpa perlu meletakkan dokumen satu persetu di bagian scan flatbed di dalam printer. Maksimal dokumen yang dapat ditampung di ADF printer ini adalah 30 lembar. Scan atau memindai kertas ukuran A4, letter, dan legal (folio) pun menjadi lebih mudah. Resolusi scan nya dapat mencapai 1200 x 2400 dpi dengan kecepatan scan berkisar 15 detik untuk satu dokumen A4 full warna.  

Canon PIXMA MX527 memiliki kemampuan copy speed hingga 4,7 ipm untuk copy dokumen warna dan sekitar 4,1 ipm untuk copy lewat ADF-nya. Resolusi copy printer multifungsi ini mampu hingga 600 x 600 dpi. Setiap perintah copy pada printer ini maksimum hingga 99 copy atau salinan. Fitur faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax printer ini mampu mencapai kecepatan fax warna hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 3-5 detik. Terdapat memori internal yang dapat menyimpan sampai dengan 50 fax selama printer masih terkoneksi dengan jaringan telepon.


Printer multifungsi yang dibanderol dengan harga satu jutaan rupiah ini juga memiliki fungsi Auto Duplex Print sehingga pengguna dengan nyaman dapat mencetak bolak-balik tanpa harus repot mengatur kertas secara manual. Penggantian tinta pada ketiga tipe printer ini juga mudah dan cepat. Canon mendesain konsep FastFront untuk PIXMA MX527 sehingga untuk mengganti cartridge cukup dengan membuka panel depan printer. Canon PIXMA MX527 berbasis 4-colors system ink jet ( hitam, kuning, merah, magenta. Printer ini menggunakan cartridge bawaan Canon seri PG740 Black dan CL741. Untuk kebutuhan cetak yang lebih tinggi, user bisa menggunakan PG741 Black –XL dan CL741 Colour-XL.

Canon pun menyertakan berbagai software  bawaan yang bisa digunakan untuk membantu dalam pengolahan gambar dan setting printer sebelum mencetak jenis gambar yang ingin di print. Dengan berbagai fitur yang ada dan harga yang cukup terjangkau, printer ini memang cocok digunakan untuk pengguna rumahan, usaha kecil dan menengah, small office, dan para professional muda. Namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh pengguna rumahan. Pesan sekarang juga printer Canon PIXMA di outlet-outlet Aston Printer Center terdekat di kota Anda. Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik.

Sumber : press release Canon Indonesia

No comments:

Stay Connected