Thursday, May 2, 2013

Printer A3 Canon PIXMA iX-7000 Review


Canon PIXMA iX-7000 merupakan salah satu printer inkjet A3 dari Canon yang sudah beredar di Indonesia. Printer A3 ini diluncurkan untuk menjawab kebutuhan cetak untuk media kertas A3 terutama untuk kebutuhan kantoran, meski tidak menutup kemungkinan digunakan untuk pengguna rumahan maupun usaha kecil. Printer A3 single function ini memiliki desain yang cukup elegan dengan balutan warna silver dan hitam doff pada bodi printer. Bentuknya sedikit berbeda dengan printer pixma pada umumnya, iX-7000 terlihat lebih panjang, berat. dan cukup besar. mengingat kemampuannya yang mampu mencetak di media kertas A3+ dan paper cassete dengan daya tampung hingga 250 lembar kertas. Printer dengan berat 19,8 kg ini, memiliki ukuran dimensi fisik 647 x 519 x 260 mm. Terdapat fungsi Ethernet pada printer inkjet ini, untuk penggunaan bersama dalam sebuah jaringan komputer kelompok kecil di kantor.  



Canon mengklaim bahwa printer A3 ini mampu mencetak poster, grafik, dan diagram atau tabel besar pada ukuran kertas A3+, sama baiknya dengan mencetak pada kertas berukuran lebih kecil. Printer pixma A3 ini mampu menangani media kertas dengan ukuran A3+, A3, A4, A5, B4, B5, Letter, Legal, Ledger, 4x6", 5x7", 8x10", 10x12". Resolusi cetaknya mampu mencapai 4800 x 1200 dpi, bisa digunakan untuk mencetak photo maupun poster beukuran hingga A3+.  Meskipun printer ini ditujukan untuk kalangan bisnis, namun bagi pengguna rumahan pun bisa mencetak foto dengan kualitas cetak yang bagus untuk ukuran printer inkjet. Printer ini mampu mencetak photo high quality berukuran 4R atau 4x6”  dalam waktu 44 detik. Sedangkan untuk ukuran kertas A4 printer ini kecepatan mencetaknya mampu hingga 10 ipm (image per minute) untuk dokumen monokrom, dan 8,1 ipm untuk dokumen full colour. Namun untuk mencetak gambar berukuran A3 tidak terlalu cepat, tergantung pada settingan kualitas cetak dan kepadatan warna pada file gambar yang dicetak.


Printer inkjet A3 Canon Pixma iX7000 sudah dilengkapi auto duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus.,meskipun belum bisa secepat fitur auto duplex printing pada printer laser monokrom entry level. Terdapat fitur borderless printing yang mampu mencetak tanpa tepi di media kertas ukuran A3+, A3, A4, Letter, 36 x 43cm, 25 x 30cm, 20 x 25cm, 13 x 18cm, dan 10 x 15cm.  Memiliki input kertas dari 3 arah, merupakan salah satu kelebihan printer ini. User bisa mencetak dengan kertas yang melalui cassette tray yang terletak di bawah printer, atau rear tray yang berada di atas printer, maupun manual tray yang terletak di depan printer. Hal ini membuat mesin sangat fleksibel, karena Anda tetap dapat menyimpan kertas, sambil mencetak dari salah satu dari dua sumber lain. Printer ini mampu mencetak pada kertas yang cukup tebal hingga ukuran kertas A3 300 gram.


Canon Pixma iX7000 telah dibekali dengan tinta berteknologi LUCIA pigment ink pada cartridgenya. Tinta ini merupakan teknologi tinta Canon yang mampu mencetak foto dengan kecepatan tinggi juga lebih awet. Printer ini menggunakan 6 individual cartridge dengan kode PGI-9Black, PGI-9Cyan, PGI-9Magenta, PGI-9Yellow, PGI-9 Clear dan spesial PGI-7Black yang berukuran lebih besar dengan daya tampung tinta hitam lebih banyak. Uniknya, letak cartridge PGI-9 CLEAR terpisah dengan 5 cartridge yang lain di sebelah kiri printer. Canon mengklaim bahwa hal ini bagian dari PGR Technologies yang bertujuan bahwa cartridge CLEAR diletakkan untuk untuk melapisi kertas lewat roller bukan langsung ke kertas agar warna dihasilkan menjadi lebih cerah, tajam, dan hasil cetak yang lebih tahan lama. 

Canon Pixma iX-7000 terbilang cukup hemat energi, hanya mengkonsumsi listrik 45 watt pada posisi printing. Produk Canon Pixma memang diproduksi dengan standar tinggi dengan sertifikasi dari Energy Star untuk penggunaan energi efisien, dan RoHS Uni Eropa untuk penggunaan material ramah lingkungan. Printer A3 yang dibanderol dengan harga resmi empat jutaan ini, memiliki aplikasi bawaan printer yang cukup banyak, seperi Canon Creative Park, Canon Easy Print, Canon Web Print, Canon Photo Print, dan lain-lain yang memudahkan user untuk mengedit foto atau gambar dengan aplikasi bawan Canon. Jika Anda menginginkan printer ini, bisa memesan melalui Aston Printer Center terdekat serta dapatkan penawaran special dari kami. Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik. 



2 comments:

wija said...

untuk isi ulang tinta clearnya gimana? yang lain bisa dan mudah mencari refilnya yang murah, tapi kalau untuk tinta clear belum ada yang jual; kalau untuk ngeprint kertas biasa bisa jadi pembengkakan biaya, bukan hemat malah boros jadinya

ized SAE said...

Klo untuk kost biaya cetak nya berapa ya.?
Misalkan untk cetak photo.

Stay Connected