Saturday, April 27, 2013

Epson WorkForce WF-3521 Review


Printer multifungsi kini menjadi salah satu printer yang banyak dicari oleh konsumen printer di Indonesia karena merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak fungsi. Hal ini pula menjadi alasan berbagai instansi atau perusahaan melirik printer multifungsi sebagai perangkat yang efisien untuk menghemat pembelian beberapa perangkat kantor, namun cukup membeli satu perangkat multifungsi dan tidak membuat penuh ruangan kantor. Bersamaan dengan peluncuran printer L series terbarunya beberapa bulan lalu, Epson juga memperkenalkan printer multifungsi inkjet terbarunya untuk market di Indonesia, yaitu Epson WorkForce WF-3521. Printer ini merupakan salah satu printer inkjet multifungsi warna yang dilengkapi fitur print, scan, copy, dan fax untuk melengkapi jajaran printer seri Epson Work Force yang beredar di Indonesia.

 
Printer dengan berat sekitar 9 kg ini memiliki dimensi fisik, 449 x 417 x 287 mm. Desainnya terlihat elegan dan cukup besar namun cukup wajar karena ini printer multifungsi. Dengan balutan putih dan grey light di body printer dan layar LCD 2,5” colour yang berfungsi untuk Display Touch Panel yang tertata apik di bagian depan printer ini. Penempatan tombol dan panel pun terlihat cukup lengkap agar semakin memudahkan penggunanya dalam mengfungsikan printer ini tanpa melalui PC, terutama untuk penggunaan fungsi fax nya. Bahkan deretan tombol & layar LCD nya (panel board) bisa dinaikkan sedikit ke posisi yang memudahkan user dalam menekan tombol pada printer ini. Terdapat ADF (Auto Document Feeder) yang mendukung berbagai fungsi printer ini pada bagian atas printer yang mampu menampung hingga 30 lembar kertas A4. Berbagai media card dapat dikoneksikan dengan printer ini untuk mencetak langsung dokumen atau gambar dari SD card, SDHC card, multimedia card, serta USB flash memory drive (flash disk) serta PictBridge Interface untuk mendukung pencetakan langsung dari kamera digital.

Kecepatan mencetak merupakan salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Epson ini. Speed yang ditawarkan adalah 35 ppm untuk kertas A4 dengan dokumen monokrom, terbilang cepat untuk ukuran printer inkjet. Sedangkan untuk dokumen gambar maupun warna mampu mencetak dengan kecepatan sekitar 15 ipm. Dengan mode photo draft untuk mencetak foto full colour berukuran 4R borderless, dibutuhkan waktu sekitar 20 detik per photo. Printer ini sudah dilengkapi fitur auto duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus. Paper tray nya mampu meampung hingga 250 lembar kertas A4 80 gram.

Epson WF-3521 mampu mencetak hingga resolusi 5760x1440 dpi berkat teknologi pencetakan bersistem tetesan tinta berukuran variabel (Variable-Sized Droplet/VSDT) yang tertanam di dalam teknologi print head Epson Micro Piezo. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil gradasi gambar yang sangat halus, baik untuk dokumen, foto hitam putih maupun berwarna. Epson WF-3521 menggunakan teknologi DURABrite Ultra yang diklaim oleh Epson dapat membuat hasil cetak bertahan lama dan tidak mudah luntur meskipun terkena air. Epson WF-3521 dapat menggunakan individual cartridge 4 warna yang disebut Epson INKdividual Cartridge dengan seri 141 maupun 143 untuk kebutuhan cetak yang lebih tinggi. Cartridge Epson 143, pageyield untuk cartridge monokromnya mampu hingga 945 halaman dan untuk cartridge warnanya (CMY) pageyields-nya sampai dengan 755 halaman. Namun, semua kembali ke intensitas cetak user, jenis dokumen, dan kepadatan warna dokumen yang dicetak.


Untuk fitur scannya, printer ini memiliki colour scanner dengan resolusi 1200 x 2400 dpi. Kecepatan scan bervariasi tergantung pada file yang di-scan. Maksimal area scan dengan scanner flatbednya adalah 216 x 297mm (8.5 x 11.7"). Selain lewat scanner tipe flatbed-nya, scan juga bisa dilakukan melalui ADF (Auto Document Feeder) yang dimiliki printer inkjet ini dan bisa digunakan untuk scan kertas ukuran folio. Epson Work Force WF-3521 dilengkapi fitur monokrom dan color copier yang mampu mengcopy dengan kecepatan hingga 38 copy per menit untuk dengan setelan fast mode pada kertas A4. Ketebalan maksimal kertas untuk ADF nya adalah jenis kertas ukuran maksimal 95 gram.  Resolusi fitur copy-nya dengan maksimal mampu mencapai 1200 x 1200 dpi. Dalam satu perintah copy, printer ini mampu mengcopy hingga 99 halaman.

Fitur fax pada seri printer Epson Work Force WF-3521  ini juga bisa membantu user untuk mengirim dan menerima fax yang terhubung dengan sambungan telepon. Kecepatan faks (data transfer rate):  sampai 33.6kbps. Kecepatan transmisi faks: sekitar 3 detik / lembar. Resolusi faks:  200 x 100 dpi (standar), 200 x 200 dpi (fine dan photo) untuk monokrom maupun warna. Konsumsi listriknya terbilang irit, hanya sekitar 17 watt pada masa proses kerja, 2 watt pada mode sleep, dan 6,2 watt pada ready mode.

Printer Epson Epson Work Force WF-3521 pun memiliki kemampuan konektifitas yang baik dengan Ethernet 100BASE-TX / 10BASE-T dan Wi Fi untuk penggunaan bersama dalam sebuah kelompok kerja di sebuah kantor maupun perusahaan. Printer ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Epson iPrint 2.0 (untuk perangkat mobile dari Apple dan Android) yang memungkinkan pencetakan foto, halaman web, dan dokumen, secara nirkabel ke WF-3521 via WiFi ; memindai, menyimpan, dan berbagi file; serta mendukung layanan awan (online cloud services), seperti Box.net, Dropbox, dan Evernote.


Epson WorkForce WF-3521 memang ditujukan untuk perkantoran (SOHO/UKM) yang membutuhkan printer warna multifungsi dengan harga terjangkau namun dengan kualitas setara printer laser serta perkantoran yang membutuhkan printer dengan fitur scan-copy-fax dan ada dukungan ADF (Automatic Document Feeder). Sehingga berbagai kebutuhan cetak, copy, scan, & fax yang biasanya diperlukan oleh kalangan profesiional bisa dilakukan dalam satu perangkat elektronik ini. Namun pilihan printer Anda atau institusi Anda kembali kepada Anda dan Institusi Anda. 

1 comment:

usepkab.kh said...

tau cara ngisi tinta WF 3521 ndak gan..?

Stay Connected