Saturday, December 14, 2013

Automatic Duplex Printing


Dalam sebuah brosur printer atau promo printer kita sering melihat atau mendengar istilah duplex printing. Apa sebenarnya arti kalimat "duplex printing"? Definisi duplex printing sebenarnya cukup sederhana yaitu mencetak di kedua sisi kertas. Mengapa disebut pencetakan dupleks atau duplex printing? Jika Anda menggunakan printer yang dapat mencetak dua sisi secara otomatis, printer ini dilengkapi dengan unit duplex yang dapat membalikkan selembar kertas setelah sisi pertama telah dicetak. Pencetakan dupleks berbeda dari pencetakan biasa karena sebagian besar inkjet dan printer laser ditetapkan untuk mencetak hanya pada satu sisi kertas. Tetapi mengapa Anda akan menggunakan dua lembar kertas untuk mencetak dokumen Microsoft Word atau PDF file ketika Anda bisa mencetak pada kedua sisi lembar kertas?


Awalnya, duplex printing hanya populer di kalangan kantor yang sangat-sangat ingin mengehemat biaya operasional hariannya dalam berbagai aspek, salah satunya mengurangi biaya cetak dan kertas. Dengan munculnya keprihatinan baru tentang lingkungan dan ekonomi, trend pencetakan dupleks semakin populer di kantor, usaha kecil dan bahkan perguruan tinggi di berbagai negara. Semakin banyak orang yang mulai menyadari bahwa pencetakan duplex menggunakan setengah dari jumlah total kertas, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit. Pencetakan dua sisi juga menyebabkan sedikit pohon yang akan ditebang, yang berarti secara nalar cenderung mendukung program ramah lingkungan dan baik untuk umat manusia, karena lebih banyak pohon berarti lebih banyak oksigen bagi kita untuk bernapas. Logikanya demikian.   

Pada fitur duplex printing ada dua istilah yang sering kita dengar yaitu manual duplex dan automatic duplex printing. Pada dasarnya, pencetakan dupleks manual adalah persis apa yang terdengar seperti : jika Anda ingin mencetak dua sisi, Anda harus secara manual membalik kertas di atas setelah mencetak sisi pertama sehingga Anda kemudian dapat mengirim perintah print dokumen melalui lagi untuk mencetak sisi lain. Pada umumnya semua printer memiliki fitur yang membantu manual dupleks printing. Pencetakan dupleks manual mengharuskan Anda mendedikasikan waktu dan energy anda untuk membalikkan kertas. Apalagi jika dokumen yang akan dicetak jumlahnya sangat banyak, akan cukup banyak waktu yang dibutuhkan dan kerepotan yang terjadi.  


Namun kini produsen printer semakin banyak mengeluarkan produknya di pasaran yang memiliki fitur automatic atau auto duplex printing. Jadi dengan fitur auto duplex printing Anda tidak perlu lagi membalikkan kertas secara manual agar dua sisi dalam setiap lembar dapat dicetak dalam satu perintah print, karena sudah ada fitur auto duplex printing yang akan otomatis mencetak dokumen Anda pada dua sisi kertas sekaligus. Berikut video contoh fitur auto duplex printing pada printer Fuji Xerox DocuPrint P255dw.


Dengan duplex printing bisa diperkiraan berapa banyak kertas dapat dihemat dan membantu merawat lingkungan kita. Pencetakan dua sisi pasti akan dikenakan biaya yang lebih hemat dalam penggunaan kertas. Jika Anda maupun kantor Anda memang memiliki program untuk go green, penghematan kertas, penghematan cetak atau semacamnya, pencetakan dupleks dan penggunaan printer dengan auto duplex printing akan menjadi salah satu cara untuk mensukseskan program tersebut. Anda bisa bertanya kepada customer service kami di outlet-outlet Aston Printer tentang printer laser maupun inkjet yang memiliki fitur auto duplex printing. Anda pun bisa mendapatkan printer tersebut di Aston Printer Yang Selalu Memberikan Yang Terbaik. 

No comments:

Stay Connected