Fuji Xerox DocuPrint M355df



Akhir tahun lalu, Fuji Xerox memperkenalkan beberapa printer laser terbarunya di Indonesia yang ditujukan utama untuk para konsumen di segmen UKM. Salah satunya adalah printer Fuji Xerox DocuPrint M355df yang merupakan printer laser monokrom multifungsi, yang memiliki fungsi print, scan, copy, dan fax dengan auto duplex, konektivitas USB 2.0, dan tambahan konektivitas wireless untuk memudahkan penggunaan bersama dalam suatu kelompok kerja. Printer ini memiliki desain yang cukup simple dan compact, dengan balutan warna putih dan midnight blue pada body printer. Produk printer terbaru ini menawarkan kapasitas penyimpanan kertas sebanyak 250 lembar kertas dan mampu mencetak di berbagai jenis kertas, dari kertas tebal hingga karton, bahkan amplop, ataupun label. Printer ini ibarat Xerox P355D namun dengan tambahan fitur scan, copy, dan fax dengan konektifitas dan produktifitas untuk kebutuhan yang lebih tinggi.


Fuji Xerox DocuPrint M355df terlihat cukup besar memiliki dimensi 430mm x 426mm x 503mm dan memiliki berat 18,1 kg dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 69.000 halaman. Bisa dimaklumi karena perangkat ini merupakan printer laser multifungsi dengan berbagai fitur. Namun, untuk ukuran kelas printer laser multifungsi monokrom bentuknya masih terbilang cukup compact dan tidak terlalu besar berkat hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Emite Diode) yang dikembangkan Xerox. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak.

Terdapat LCD 4 line dengan 36 karakter pada bagian atas printer Printer Fuji Xerox M355df. LCD pada panel depan ini tidak hanya menampilkan konfigurasi serta fungsinya saja, tetapi juga menampilkan informasi mengenai aktivitas dan kondisi perangkat. Printer ini juga dilengkapi dengan fitur cetak duplex (cetak bolak balik otomatis) untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi limbah kertas. Printer yang dibanderol dengan harga resmi sekitar lima jutaan rupiah ini, dapat menggunakan toner dengan kapasitas tinggi, yaitu 10,000 lembar, diharapkan para pelaku bisnis UKM yang menjadi target market utama printer ini dapat mengurangi biaya operasional dan waktu tidak akan terbuang karena sering mengganti cartridge.

Printer Fuji Xerox M355df ini memiliki kecepatan mencetak 35 halaman per menit, dan halaman pertama akan dicetak hanya dalam waktu enam detik dari keadaan ready mode. Dengan mode duplex printing, printer ini mampu mencetak dengan kecepatan 21 ipm dengan mode kertas A4.  Dengan resolusi cetak hingga 1200 x 1200 dpi, menggunakan processor 533 MHz processor, dan 256 MB memory, serta didukung Adobe Postscript 3, printer laser monokrom ini dapat menghasilkan cetakan yang tajam dan akurat dengan kecepatan tinggi.

Printer laser multifungsi ini, juga dilengkapi fitur copier dengan kecepatan meng-copy hingga 35 cpm (copy per minute) dengan resolusi maksimal hingga 600 x 600 dpi. Maksimum mode copy nya dalam sekali perintah copy, mampu meng-copy sampai dengan 99 halaman. Proses copy dapat dilakukan melalui ADF atau pada scanner flatbed nya. Fitur copy nya juga sudah didukung fitur auto duplex copier untuk mengcopy dua sisi kertas sekaligus.

Fitur scan nya pun semakin membantu para pengguna printer ini. Fitur scan pada Fuji Xerox DocuPrint M355df memiliki resolusi scan hingga 600 x 600 dpi, dengan kecepatan memindai sekitar 21 halaman per menit untuk file black & white serta sekitar 13 halaman per menit untuk memindai file colour atau berwarna. Scan dapat dilakukan dengan ADF (Auto Document Feeder) atau langsung ke scanner flatbed-nya dengan area scannya maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed dan kertas ukuran folio dengan ADF yang dimiliki. Tedapar fitur auto duplex scan untuk memindai dua halaman kertas sekaligus. Fungsi scanner bisa dioperasikan dari PC maupun langsung melalui panel depan. Hasil scan juga bisa langsung dikirim melalui e-mail tanpa harus melampirkan hasil scan tersebut. Selain itu, pengguna bisa langsung meng-upload hasil scan ke jaringan server FTP.

Fungsi faxnya pun tidak terlalu mengecewakan. Dengan Super G3 Technology, perangkat fax printer Fuji Xerox DocuPrint M355df ini mampu mencapai kecepatan color fax hingga 33,6 kbps dan dapat mengirim fax dengan kertas ukuran A4 hanya sekitar 3-5 detik. Resolusi cetak mode fax mampu hingga 400 x 400 dpi. Printer ini juga bisa mengirim faksmili secara langsung dari PC (Direct Fax) tanpa perangkat lunak khusus. Fuji Xerox DocuPrint M355df juga dilengkapi secure fax receive dengan demikian kita harus mengetik password dulu baru bisa mengefax dan mencetak sehingga kerahasiaan dokumen bisa lebih terjaga.


Selain hardware yang mumpuni, Fuji Xerox juga menyediakan software yang mampu menunjang dan memaksimalkan kinerja perusahaan. Fungsi Auditron memungkinkan pengaturan jenis fungsi dan jumlah cetakan yang dapat digunakan oleh masing-masing pengguna yang terkoneksi ke printer secara wireless. Untuk memudahkan pemantauan kondisi printer secara remote, Fuji Xerox menyediakan CentreWare Internet Service.

Fuji Xerox DocuPrint M355df dilengkapi dengan software DocuWorks 7.3 untuk mentransformasikan printer menjadi sebuah “meja digital’” di mana pengguna dapat mengatur, mencari, mengedit, membagi, dan mengamankan dokumen digital ke dalam berbagai format, dari desktop ke computer. Printer ini juga telah dilengkapi dengan teknologi konservasi lingkungan terkini untuk mengurangi kerusakan ligkungan dan menghemat energi. Semua model juga dilengkapi dengan Toner Hemat Energi yang dikembangkan oleh Fuji Xerox. Toner EA-Eco telah dirancang untuk meleleh pada temperatur yang rendah dibandingkan dengan alat terdahulu, yang berarti printer menggunakan panas lebih sedikit dan lebih hemat listrik. Toner ini diklaim dapat mengurangi emisi karbondioksida sebesar 35 persen. Printer laser ini merupakan pasangan tepat untuk kelompok kerja di UKM, instansi pemerintah maupun perusahaan yang sibuk, memerlukan hasil cetak cepat & prima, dengan kinerja terdepan. 



No comments:

Powered by Blogger.