Sunday, July 14, 2013

Brother HL-1110 Review



Siapa bilang printer laser yang handal harus mahal. Hal ini yang coba ditepis oleh produsen printer Brother yang meluncurkan beberapa printer laser terbarunya minggu lalu di Indonesia. Keempat printer laser tersebuat dibanderol dengan harga di bawah dua juta rupiah yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan serta SOHO (small office home office). Yang paling terjangkau adalah printer laser monokrom Brother HL-1110. Printer ini dibanderol dengan harga tidak sampai tujuh ratus ribu rupiah. Printer laser monokrom HL-1110 adalah model printer laser yang paling kecil dari Brother saat ini dengan keandalan dan harga yang sangat terjangkau dan desain dirancang khusus untuk kendala dan daya tahan, seri ini dirancang di jepang untuk berkinerja secara maksimal.


Bentuk printer nya terlihat kecil, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SOHO (small office and home office).  Desain fisiknya yang compact & simple, membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Control panelnya terletak di bagian depan printer dan terlihat sangat sederhana. Dengan processor 200 Mhz dan berat printer 4,5 kg, Brother HL-1110 memiliki ukuran dimensi 340 x 238 x 189 mm. Duty cycle nya mampu hingga 1800 halaman perbulan. 

Printer laser monokrom Brother HL-1110 membutuhkan sekitar 10 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Printer ini mampu mencetak dengan kecepatan hingga 20 ppm atau sebanyak 20 halaman per menit dengan kertas mode letter dan 21 ppm dengan kertas mode A4. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi berkat teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4. Sayangnya fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (auto duplex) belum dibenamkan dalam printer laser ini, masih manual duplex.



Printer baru Brother ini sudah mengadopsi teknologi baru untuk mencegah paper jam. Beberapa di antaranya adalah penggunaan paper guide yang lebih panjang, adanya sistem dual roller dengan bahan antidebu serta jalur kertas yang lebih pendek yakni 220 mm. Anda hampir tak akan menemukan kejadian kertas tersangkut roller printer atau pun kerjadian kertas yang terlipat akibat panas dalam printer dengan ditanamkannya anti-curl roller yang mencegah kejadian kertas yang "mengkriting" setelah proses pencetakan. Sistem duel-roller dengan kaet khusus ini akan mengambil dan memisahkan kertas dengan lebih efisien. Paper tray-nya dibuat khusus untuk mengurangi kemiringan kertas. Paper tray-nya mampi menampung higga 150 lembar kertas. 


Brother HL-1110 menggunakan jenis cartridge toner yang terpisah antara toner dan drum unitnya, sehingga harga consumable tonernya akan semakin terjangkau. Standar tonernya memiliki page yield hingga 1000 halaman dengan standard 5% coverage area cetak monokrom. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 10.000 halaman, artinya paling tidak drum unitnya akan diganti setelah 10 kali tonernya diganti. Printer ini sudah dilengkapi toner save mode sehingga semakin menghemat penggunaan toner nya dan meningkatkan produktifitas cetak. Printer ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya. Dalam driver printernya terdapat aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk penghematan cetak dan pengaturan operasional printer seperti fitur Poster Printing, Watermark Printing, Booklet Printing, dan N-up Printing. Namun pilihan untuk membeli printer ini semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user. Kita tunggu kedatangan resmi printer laser ini di outlet-outlet Aston Printer Center yang merupakan master dealer dan servis center resmi printer Brother.

Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik


No comments:

Stay Connected